Upacara Hari Lahir Pancasila Lingkungan UPT Kemdikbud (BPNB Papua, Balai Bahasa dan Balai Arkeologi Jayapura)

0
885

Jayapura, Menindaklanjut edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2017 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis 1 Juni 2017 Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua , Balai Arkeologi (Balar) Jayapura dan Balai Bahasa Papua sebagai unit pelaksana Teknis Kemendikbud di Papua melaksanakan upacara pengibaran bendera dengan mengambil tempat  di halaman Balai Bahasa Papua Jalan Yoka Waena Distrik Heram Kota Jayapura.

Upacara pelaksanaan hari lahir pancasila yang melibatkan pimpinan dan staf di tiga satuan kerja ini dilaksanakan tepat pukul 08.00 WIT dengan pakaian  seragam korpri dan kelengkpannya. Bertugas saat upacara adalah para staf dari balai bahasa papua dengan bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala Balai Bahasa Papua Toha Machsum yang dalam sambutannya membacakan sambutan presiden Joko Widodo dalam rangka peringatan hari lahir pancasila tahun 2017. Dalam susunan acara pelaksanaan upacara  peringatan hari lahir pancasila sebelum amanat pembina upacara, dibacakan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. Setelah berjalan dengan tertib pemimpin upacara membubarkan barisan peserta upacara yang merupakan pimpinan dan staf dari tiga satker UPT kemdikbud di Papua masing-masing BPNB Papua, Balar Jayapura dan Balai Bahasa.

Peringatan hari lahir pancasila pada tahun ini mengambil tema “Saya Indonesia Saya Pancasila” sekaligus pencanangan pekan pancasila 29 Mei sampai 4 Juni 2017 sesuai dengan edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor:B-437/M.Sesneg/Set/TU.00.04/05/2017 tentang penyelenggaraan upacara bendera peringatan hari lahir pancasila tahun 2017 dan pekan pancasila 29 Mei – 4 Juni 2017.