SISWA-SISWI SMA DARI KAIMANA DAN SERUI MENGIKUTI LAWATAN SEJARAH NASIONAL DI MEDAN

0
527
Dra.Triana Wulandari,M.Si Direktur Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan Saat Membuka Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) ke 17 di Medan.

Jayapura,BPNB Papua mengirim siswa-siswi SMA sederajat mengikuti Lawatan Sejarah Nasional di Medan.

Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksankan oleh Direktorat Kesejarahan, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan guna membangkitkan semangat nasionalisme dan kebanggaan terhadap sejarah. Kegiatan ini melibatkan siswa siswi tingkat SMA/SMK sederajat seluruh Indonesia di wilayah kerja 11 BPNB di Indonesia.

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua yang wilayah kerjanya mencakup Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat mengikutsertakan Saberia,S.Pd pendamping dari BPNB Papua, Septian,Ferdinanda, Ronald Maniagasi dan Sakinah (siswa) dan  2 guru pendamping (ibu Sahida dan ibu Renli) dari Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Kepulauan Yapen Provinsi Papua. Para siswa dan guru pendamping ini hasil  seleksi dari kegiatan lawatan sejarah daerah (Laseda) yang dilaksanakan BPNB Papua di Kaimana dan Serui.

Lasenas tahun ini digelar berbeda dari lasenas sebelumnya dari teknis pelaksanaan sampai pada formulasi kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan selain memberikan informasi mengenai sejarah juga memberikan pengetahuan lain seperti public speaking dan lainnya. Kegiatan Lasenas tahun ini dikemas lebih mengikuti jaman yakni era milenial, para siswa diajak untuk lebih suka dan mencintai sejarah yang dianggap membosankan. Beberapa titik destinasi sejarah yang dikunjungi antara lain Istana Ma’mun,  Masjid Al Mahsun, Rumah Tjong A Fie, Gedung BKS PPS, Gedung Lonsum, Museum Perkebunan, dan Gudang Tembakau

Pembuatan vlog dan juga presentasi makalah dari siswa yang termasuk 6 besar dan  dikemas dalam bentuk pidato. Suatu kebanggaan adalah salah satu peserta perwakilan dari Papua termasuk dalam 6 besar tersebut yaitu  Ferdinanda Betrix Imbir .

Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas)  tahun 2019 di Medan dilaksanakan 9-11 Juli 2019 dan dibuka oleh Direktur Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan Dra.Triana Wulandari,M.Si dan ditutup oleh Kasubdit Sumber Sejarah, Direktorat Sejarah  Agus Sudiatmoko di LPMP Sumatera Utara, Medan Selayang Kota Medan.