ANTUSIAS PESERTA PADA KEGIATAN LAWATAN SEJARAH DAERAH

0
984

TIMIKA, 18 MARET 2017.

Kegiatan Lawatan Sejarah Daerah yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 16 s.d 18 Maret 2017 di Kabuaten Mimika di isi dengan berbagai kegiatan yang menjadi pengalaman baru bagi peserta yang terdiri dari siswa-siswi SLTA sederajat dan Guru Bidang Sejarah diantaranya, Pemutaran film sejarah perang dunia ke II, dan Situs Sejarah Peradaban di Tanah Papua, Kunjungan ke Tugu Mapuru yang merupakan Sejarah Lokal suku Kamoro, Seminar Sejarah yang di sampaikan oleh Dr. Benarda Meteray dari Universitas Cenderawasih, dan Presentasi Hasil Lawatan Sejarah Daerah.

Dalam acara penutupan, Yohana A.B. Arwam, S.Pd selaku ketua panitia menyampaikan antusias peserta dalam mengikuti kegiatan lawatan sejarah daerah, Ia juga mengharapkan Kabupaten Mimika dapat berpartisipasi pada Kegiatan Kemah Budaya Daerah yang akan dilaksanakan di Papua Barat pada bulan Mei mendatang.

Yohana A.B. Arwam, S.Pd mengharapkan agar apa yang telah diikuti bukan hanya berlalu begitu saja tapi dapat dijalankan di sekolah masing-masing terutama sebagai sumber pengetahuan bagi bapak ibu guru sejarah dan bagi siswa-siswi yang menjadi peserta bisa dapat berbagi informasi kepada teman-teman sehingga ilmu yang diperoleh bisa menjadi informasi secara bersama, ungkapnya.

 

Kegiatan Lawatan Sejarah Daerah ditutup secara resmi oleh Ausilius You, S.Pd. MM. selaku Sekda Kabupaten Mimika. Ausilius You mengajak siswa-siswi dan guru bidang sejarah untuk lebih tanggap terhadap perkembangan dunia dimana kita sekarang dihadapi dengan era persaingan bebas, era globalisasi, dan era transparansi di saat sekarang ini, untuk itu kegiatan lawatan sejarah ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat menjadi filter dan membentuk pribadi-pribadi generasi muda yang kuat dalam menghadapi era globalisasi. Mewakili pemerintah daerah, Sekda sangat mengapresiasi atas diselenggarakan kegiatan lawatan sejarah daerah ini. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini dianggap sangat beruntung karena dihadapkan pada peristiwa penting untuk dapat melestarikan sejarah daerahnya. Masih banyak sejarah lokal yang ada di kabupaten Mimika dengan demikian lewat kegiatan seperti ini dapat memberikan motivasi bagi para siswa-siswi untuk mengenal bahkan mendalaminya. Ausilius You juga mengajak guru bidang sejarah untuk lebih kreatif mengkaji sejarah lokal sebagai bahan ajak bagi siswa-siswinya yang mana dapat disinergikan dengan dinas terkait yang nantinya dapat dijadikan Muatan lokal bagi dunia pendidikan di kabupaten Mimika. Diharapkan bagi peserta dan guru pendamping yang terpilih untuk megikuti kegiatan Nasional agar dapat mempersiapkan diri untuk menjadi duta provinsi Papua khususnya Kabupaten Mimika.

Pada kesempatan yang sama kepala BPNB Papua, Apolos Marisan, S.Sos menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah atas kerjasama yang telah dilakukan untuk menyukseskan acara kegiatan lawatan sejarah daerah di kabupaten Mimika. Dari hasil kegiatan ini akan dilakukan seleksi yang sifatnya subjektif dan objektif. Dengan melihat antusias baik pemerintah dan siswa maka tahun depan akan diupayakan untuk melaksanakan beberapa kegiatan serupa diantaranya Jejak Tradisi daerah dan Kemah Budaya Daerah. Dari semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya merupaka upaya pemerintah untuk penanaman nilai-nilai budaya dan sejarah kepada generasi muda sehingga semua ini dapat membentuk generasi muda yang mandiri dengan karakter yang kuat demi kemajuan bangsa.