Webinar “Jalur Tambang di Kalimantan”

0
788

Potensi tambang di Kalimantan telah menjadi daya tarik masyarakat dunia sejak masa lalu. Daghregister yaitu jurnal harian Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) mencatat kedatangan perusahaan dagang Belanda ini ke Kalimantan Barat yang bertujuan untuk memburu Intan Kobi di Kerajaan Landak pada abad ke-17. Pertambangan intan di Landak masih berlangsung hingga awal abad ke-20. Sementara di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah juga ditemukan bekas tambang emas pada masa Hindia Belanda yang dikenal dengan nama Lubang Wilhemina. Dan masih banyak lagi tambang lain yang juga menjadi primadona hingga saat ini.

Berkaitan dengan hal tersebut, Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat akan menyelenggarakan Webinar pra penulisan terkait dengan Lomba Esai Sejarah yang mengangkat tema “Jalur Tambang di Kalimantan”. Webinar ini akan dilaksanakan pada Senin, 28 September 2020, Pukul 08.30 Wib secara daring.

Adapun peserta dalam webinar ini adalah siswa/siswi SMA sederajat dan guru di seluruh wilayah BPNB Kalimantan Barat yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat.

Melalui kegiatan ini diharapkan tumbuh kesadaran generasi muda untuk semakin cinta terhadap tanah air sehingga dapat memanfaatkan kekayaan alam ini untuk mensejahterakan kehidupan bangsa. Serta untuk memperkenalkan situs-situs bersejarah bagi para generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa dan sebagai metode pembelajaran alternatif bagi guru dalam mengajarkan sejarah dan budaya bangsa.

Webinar pra penulisan yang dilaksanakan via aplikasi zoom ini akan menghadirkan 4 (empat) narasumber yang diharapkan dapat memberikan pengarahan dan pengetahuan kepada para peserta yang berhubungan dengan tema Lomba Esai Sejarah. Keempat narasumber tersebut, yaitu :

  1. Prof. Dr. Erwiza Erman (Peneliti Sejarah Pertambangan LIPI Jakarta)
  2. Firion Waiser Duling (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah) 
  3. Dra. Lisyawati Nurcahyani, M.Si (Peneliti Sejarah BPNB Kalimantan Barat)
  4. Zaid Talib Alhaddadi (Lead of PASEC & HSE PT Medco E & P Tarakan)

Bertindak sebagai moderator adalah Yuver Kusnoto, M.Pd (Dosen IKIP PGRI Pontianak).

Berkaitan dengan hal tersebut, peserta Webinar dapat langsung melakukan daring aplikasi zoom meeting, pada :

Meeting ID     : 791 190 7435

Password        : Laseda