Sinkronisasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan di Kalimantan Barat

0
336

Dalam rangka menyinkronisasikan Lembaga Penelitian dan Pengembangan di Provinsi Kalimantan Barat, Kamis, 28 Februari 2019 lalu, bertempat di Hotel Kini Pontianak, diadakan kegiatan Forum Perangkat Daerah yang diadakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan ini hadir beberapa lembaga penelitian yang ada di Kalimantan Barat khususnya lembaga penelitian di Perguruan Tinggi diantaranya FKIP PGRI, Universitas Muhammadiyah, Universitas Tanjugpura, Bapeda seluruh Kalimantan Barat serta Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat yang diwakili oleh peneliti sejarah, Ibu Dana Listiana.

Kegiatan yang mengangkat tema “Sinkronisasi Program Kelitbangan dalam Rangka Percepatan Implementasi Pembangunan Daerah sesuai RPJMD Provinsi Kalimanatan Barat 2018-2023 ini menghadirkan 2 narasumber yaitu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat, Agatho Adan, S.Sos, M.Si serta Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Ahi, MT. Pada kesempatan ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, menyampaikan harapannya agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kelitbangan dapat mengakomodasi visi  misi pemerintah provinsi, khususnya agenda pembangunan desa mandiri.

Kajian Litbang diharapkan bisa menjadi referensi Bappeda dalam menyusun perencanaan dan pengembangan daerah. Oleh karena itu, Bapeda provinsi dan kabupaten/kota mengharapkan agar Lembaga Penelitian dan Pengembangan untuk dapat mengajukan rekomendasi hasil penelitian, dapat mempublikasi hasil kajian ke daerah/lokasi penelitian agar dapat segera ditindaklanjuti khususnya oleh Bappeda daerah atau lembaga terkait yang membutuhkan hasil penelitian tersebut.