Peresmian Laboratorium Kesenian SMA Negeri 1 Sekayam

0
508

Bangunan laboratorium kesenian SMA Negeri 1 Sekayam telah diresmikan oleh Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, Dr. Restu Gunawan, yang didampingi oleh Sekcam Sekayam, Kepala stasiun RRI Entikong, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalimantan Barat, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sekayam, Kasubag TU BPNB Kalimantan Barat, pada Sabtu, 16 Februari 2019 lalu.

Dalam acara pembukaan  peresmian laboratorium kesenian ini, tamu undangan disambut dengan tarian Ngajat Lesung dan dilanjutkan dengan penampilan silat dan tar oleh siswa SMAN 1 Sekayam. Sekolah SMAN 1 Sekayam ini  terletak di wilayah perbatasan antara Indonesia-Malaysia. Sekolah ini memiliki beberapa kegiatan ekstra kurikuler diantaranya seni tari dan teater.

Dalam acara yang sama, Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dengan adanya laboratorium di SMA Negeri 1 Sekayam ini diharapkan untuk dapat  dijadikan upaya untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian di wilayah perbatasan. Dengan demikian dapat dijadikan sebagai motivasi bangkitnya kebudayaan lokal sebagai jati diri bangsa Indonesia, serta tetap menjadi basis kader pengembangan kebudayaan dan kesenian di wilayah perbatasan, harapnya.