BPNB Kalbar Adakan Rapat Evaluasi Pengelolaan Data dan Persebaran Informasi Berbasis Website

0
394

Dalam rangka peningkatan kinerja yang optimal bidang publikasi dan informasi, BPNB Kalbar mengadakan rapat evaluasi pengelolaan data dan persebaran informasi berbasis digitalisasi data dan website yang berlangsung di Aula BPNB Kalbar, Jalan Sutoyo, Pontianak pada Senin (8/1/2018)

Suasana rapat evaluasi pengelolaan data dan persebaran informasi

Ka. Subbag. TU Moch. Andri, S.Sos mengatakan dalam pengarahannya, bahwa untuk meningkatkan kinerja para pegawai BPNB Kalbar, baik staf PNS maupun staf honorer maka mulai tahun 2018 ini diharapkan semua dapat bekerja secara optimal sesuai dengan uraian jabatan masing-masing. Terutama untuk staf bagian pengelolaan data nilai budaya dan dibantu oleh tenaga honorer yaitu dengan melakukan pengarsipan data secara profesional dan bertanggungjawab.

Proses pengarsipan dilakukan dengan berbagai tahap, mulai dari proses digitalisasi data berupa hardcopy hasil kajian maupun inventarisasi sampai dengan pengelolaan data digital dalam bentuk database. Arah database tersebut konkritnya berupa perpustakaan digital,” terangnya. Andri juga menambahkan bahwa sistem perpustakaan digital tersebut berfungsi sebagai pusat penyimpanan data yang dimiliki oleh BPNB Kalbar, baik data tulisan hasil kajian maupun data audio visual (Film). Hal ini akan memudahkan kita dalam mempergunakannya, baik untuk kepentingan internal maupun eksternal.

Ka. Subbag. TU Moch. Andri, S.Sos sedang memberikan pengarahan

Perpustakaan yang sedang kita bangun sekarang adalah www.pustaka-bpnbkalbar.org, di mana perpustakaan digital tersebut sebenarnya sudah diproses pada tahun 2009 namun belum optimal. Sehingga sekarang kita kembangkan lagi. Pengembangannya, perpustakaan digital ini selain sebagai pusat data tapi juga digunakan sebagai media persebaran informasi mengenai segala aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan perpustakaan yang dimiliki oleh BPNB Kalbar. Ini bisa dikatakan inisiasi kita dalam menyiasati kelancaran persebaran informasi tentang kegiatan BPNB Kalbar dalam bidang kepustakaan, di mana saat ini terbit aturan baru yang tidak mengijinkan UPT (Unit Pelaksana Teknis) maupun satuan kerja di lingkungan Kemdikbud untuk memiliki website sendiri.

Kemdikbud secara terintegrasi sudah memiliki website (www.kemdikbud.go.id atau www.kebudayaan.kemdikbud.go.id) yang berfungsi sebagai persebaran informasi dari berbagai wilayah kerja UPT maupun satuan kerja di lingkungan Kemdikbud. Maka dengan terdapatnya website kemdikbud dan www.pustaka-bpnbkalbar.org informasi mengenai semua aktivitas BPNB Kalbar akan terintegrasi dan saling melengkapi (tidak tumpang tindih). Oleh karenanya pertemuan ini kita manfaatkan untuk mengevaluasi dan menyinkronkan segala hal yang berkaitan dengan sistem pengelolaan data dan persebaran informasi yang terintegral tersebut,” tutup Andri.

Adapun kegiatan rapat evaluasi pengelolaan data dan persebaran informasi tersebut dipimpin langsung oleh Ka. Subbag. TU Moch. Andri, S.Sos. dan dihadiri oleh staf PNS pengelola jurnal, staf PNS pengelola data nilai budaya, tenaga honorer, dan mahasiswa (magang) Universitas Tanjung Pura. Para staf pegawai tersebut diharapkan akan saling bersinergi dalam membangun sistem pengelolaan data dan persebaran informasi yang optimal.