Pemutaran Film oleh Bioling BPK Wilayah XII Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI Ke-78 di Desa Jeruju Besar Sungai Kakap

0
171
Pemutaran Bioling BPK Wilayah XII Bertempat di Lapangan Volly Raja Insani Tanjung Darat, Desa Jeruju Besar, pada Sabtu (19/8/23)

Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, tim bioskop keliling (Bioling) Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII melaksanakan pemutaran film pada Sabtu, 19 Agustus 2023, bertempat di Lapangan Volly Raja  Insani  Tanjung  Darat, Desa Jeruju Besar, Kabupaten Kubu Raya. Kedatangan tim Bioling disambut antusias oleh warga setempat. Film yang bertemakan pendidikan dan memiliki pesan-pesan pendidikan yang sangat bermanfaat bagi anak-anak ini merupakan permintaan dari warga setempat.

Persiapan Pemutaran Film Oleh Tim Bioling BPK Wilayah XII

Sebelum pemutaran film dimulai, sambutan dari Saiful Burhanuddin, Kepala Dusun (Kadus) Karya Tani mengawali kegiatan pemutaran film yang berjudul “Laskar Pelangi”. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada tim bioling BPK Wilayah XII karena telah memenuhi undangan warga Dusun Karya Tani yang tidak sabar untuk menonton film laskar pelangi maupun hadiah yang akan dibagikan oleh tim bioling BPK Wilayah XII. Selanjutnya sambutan dari Kepala Sub Bagian Umum BPK Wilayah XII, Moch. Andri WP, S.Sos. Dalam kesempatan ini, beliau mengingatkan kepada anak-anak untuk rajin belajar supaya menjadi orang pintar. Sesuai dengan film Laskar Pelangi yang menceritakan tentang kisah anak-anak yang ingin belajar atau sekolah tetapi dengan keterbatasan.   

Sambutan Kepala Dusun Karya Tani, Saiful Burhanuddin
Sambutan Kasubbag Umum BPK Wilayah XII, Moch. Andri WP, S.Sos

Tepat pada pukul 19.30 WIB film yang disutradarai oleh Riri Riza diputar oleh tim bioling. Tidak hanya anak-anak saja yang datang di lokasi pemutaran film, rasa antusias juga ditunjukkan oleh masyarakat sekitar baik remaja sampai orang tua ingin menyaksikan film yang berdurasi sekitar 125 menit. Pada kesempatan ini, tim bioling juga mengedarkan form kuesioner kepada 20 (dua puluh) orang penonton sebagai ukuran atas terselenggaranya kegiatan pemutaran film bioskop keliling BPK Wilayah XII.

Masyarakat Menyaksikan Film Laskar Pelangi
Pengisian Kuesioner

Selesai dari pemutaran film, Anggie Dwi Angraini, S.Pd (PPNPN) BPK Wilayah XII memberikan penjelasan terkait isi dari film tersebut. Menurutnya, film Laskar Pelangi mengisahkan tentang anak-anak yang gigih bersekolah walaupun dari keluarga yang kurang mampu. Meskipun banyak rintangan yang dihadapi seperti jalan yang jauh menuju ke sekolah, atap sekolah yang bocor, dan sebagainya tapi mereka tetap semangat untuk bersekolah agar bisa tercapai cita-cita yang diinginkan. Melalui film ini, beliau mengajak kepada adik-adik untuk rajin belajar agar menjadi orang yang sukses.

Penjelasan Terkait Isi Film Laskar Pelangi oleh Anggie Nur Anggraini, S.Pd
Pembagian doorprize

Tidak lupa di akhir pemutaran film, tim bioling BPK Wilayah XII menyediakan doorprize. Dooprize tersebut nantinya akan diberikan kepada siapa yang beruntung. Tampak pada pembagian doorprize, kegembiraan sangat terlihat dari yang mendapatkannya. Dan mereka juga berharap agar pemutaran film ini dapat dilaksanakan kembali dengan film yang lebih menarik.