Pembukaan Malam Penganugerahan Festival Film Budaya Kalimantan

0
217

Dalam rangka untuk mengeksplore dan menginventarisasi kebudayaan yang ada di Kalimantan serta menumbuhkan kecintaan pada kebudayaan lokal daerah Kalimantan melalui media film, maka dalam kesempatan ini Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat menggelar Malam Penganugerahan Festival Film Budaya Kalimantan (FFBK).

Kegiatan yang mengangkat tema “Melestarikan Budaya di Tengah Pandemi” ini di buka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas, Drs.H. Sabhan, M.Pd. Dalam kesempatan ini hadir beberapa tamu undangan diantaranya Kepala Bidang Pembinaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas, Kasi  Kesenian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas, Tim Juri,  peserta FFBK, dan sebagainya.

Persembahan Tari Rentak Kipas dari sanggar Batu Mak Jage Kabupaten Sambas yang dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat merupakan rangkaian acara dalam pembukaan Malam Penganugerahan Festival Film Budaya Kalimantan yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Kabupaten Sambas, pada Sabtu, 21 November 2020.

Dalam sambutannya, Ibu Hendraswati menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat luar biasa. Meskipun pandemi, tetapi masih banyak peserta yang mengirimkan karyanya. Menurutnya apa yang dikerjakan ini adalah dalam rangka pelestarian budaya kita. Dan sekiranya peserta yang hadir dalam kegiatan ini dapat melihat dan memilah film mana yang akan mendapatkan anugerah serta sekiranya dapat menginspirasi semua,  tuturnya.

Pada kesempatan yang sama,  pelaksanaan Penganugerahan FFBK ini juga diadakan talkshow oleh tim juri yang akan berbagi ilmu terkait dengan perfilman. Sementara menunggu Penganugerahan Festival Film Budaya Kalimantan yang akan dilaksanakan pada malam harinya peserta yang hadir disuguhkan pemutaran film dari para nominator FFBK yang telah mengirimkan hasil karyanya secara daring pada 17 Agustus – 31 Oktober 2020 lalu.