MENGEMBANGKAN KARAKTER KE-INDONESIA-AN MELALUI PEMUTARAN FILM-FILM NASIONAL BIOSKOP KELILING

0
841

Notice: Trying to get property 'roles' of non-object in /home/website/web/kebudayaan.kemdikbud.go.id/public_html/wp-content/plugins/wp-user-frontend/wpuf-functions.php on line 4663
Persiapan menjelang pemutaran di Danau Sentarum, Kota Pontianak
Persiapan menjelang pemutaran di Danau Sentarum, Kota Pontianak

PONTIANAK – Dalam upaya mengembangkan karakter dan semangat ke-Indonesia-an, BPNB Pontianak melaksanakan pemutaran film nasional melalui mobil film di tengah-tengah masyarakat. Pemutaran film nasional ini dilaksanakan di tiga wilayah berbeda yaitu Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah dan Kubu Raya, tepatnya pada tanggal 14, 22 dan 23 Agustus 2015.

Adapun lokasi dan judul film yang di putar adalah Laskar Pelangi dan Naga Bonar Jadi 2 di daerah Danau Sentarum Kota Pontianak, Merah Putih 2; darah Garuda dan Naga Bonar Jadi 2 di Desa Wajok Hilir Kabupaten Mempawah, sementara di Desa Sui Ambawang Kubu Raya adalah Merah Putih 2 ; Darah Garuda dan Soekrano Ketika di Ende. Masing-masing di putar secara bergantian antara pukul 19.30 hingga 24.00.

Antusiasme warga dalam menonton film-film nasional
Antusiasme warga dalam menonton film-film nasional

Tujuan pemutaran film nasional di tiga wilayah berbeda ini adalah mensosialisasikan ide-ide tentang semangat kebangsaan dan pluralisme budaya pada masyarakat. Harapannya, dengan pemutaran film-film nasional dan perjuangan ini karakter dan semangat ke-Indonesia-an akan senantiasa terjaga dan berkembang di tengah-tengah masyarakat.

Benar saja, tidak hanya antusiasme masyarakat yang begitu tinggi untuk menonton film-film nasional yang di putar melalui mobil bioskop keliling. Beberapa kelompok masyarakat pada daerah-daerah sekitar juga mengajukan permohonan agar di jadikan tempat pemutaran film-film nasional oleh mobil bisokop keliling selanjutnya.

Setidaknya hingga saat ini telah ada tiga daerah yang mengajukan permohonan agar dijadikan sebagai lokasi pemutaran film mobil bioskop keliling selanjutnya. Antara lain adalah Tayan Kabupaten Sanggau, Desa Kapur Kabupaten Kubu Raya dan Desa Wajok Hulu, Kabupaten Mempawah.

Aktivitas sekitar lokasi pemutaran film
Aktivitas sekitar lokasi pemutaran film

Semoga antusiasme masyarakat yang ditunjukkan dengan begitu ramainya jumlah penonton, maka ide-ide tentang pluralisme dan semangat kebangsaan akan semakin berkembang. Pada gilirannya, aktualisasi karakter ke-Indonesia-an yang plural atau beragam budaya ini juga akan semakin berkembang. Demikian kutipan yang disampaikan oleh kordinator pelaksana pemutaran film melalui mobil bioskop keliling (adm)