Gelar Budaya Bumi Daranante di Kota Sanggau

0
724

Dari Pontianak pergi ke Sanggau

Singgah dulu di Kota Tayan

Datang di kota bumi daranante kami disambut riang

Menampik lelah, menghadiri gelar budaya kesenian

Sambutan Kepala Sub Bagian Tata Usaha BPNB Kalbar

Demikian salah satu bait pantun penutup yang dibacakan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat, Moch. Andre WP, dalam sambutannya yang mewakili Direktorat Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sambutan tersebut merupakan amanah yang disampaikan sebagai apresiasi segenap jajaran  Direktorat Kesenian terhadap pelaksanaan Gelar Budaya Bumi Daranante yang dimotori oleh Sanggar Segentar Alam Kota Sanggau, salah satu penerima Fasilitasi Kegiatan Kesenian oleh Direktorat Kesenian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Bupati Sanggau, Paulus Hadi, S.IP, M.Si, bertempat di Lapangan Rawa Bakti, Kab. Sanggau pada Sabtu, 16 November 2019 ini juga dihadiri oleh unsur Fokompinda Kabupaten Sanggau, sanggar-sanggar kesenian, paguyuban, organisasi masyarakat dan kepala sekolah, baik SMA dan SMP di Kota Sanggau. Hadir juga Ibu Fitria dan Mas Rere selaku staf yang mewakili Direktorat Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan ini menampilkan 15 tarian tradisi dan kreasi yang berasal dari Sanggar Segentar Alam yang telah  menerima fasilitas kegiatan kesenian dan sanggar-sanggar dari berbagai paguyuban yang berada di Kota Sanggau. Dimulai sejak pukul 19.30 WIB, kegiatan ini ditutup dengan penampilan tarian jepin bersama semua kru yang terlibat dan penonton hingga pukul 23.30 malam. Semarak kegiatan ini diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada Direktorat Kesenian, serta semua pihak yang turut mensukseskan kegiatan dengan diiringi alunan musik tradisional yang telah membantu menyukseskan pelaksanaan acara ini.