Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII Laksanakan Upacara Hardiknas 2023

0
216

Upacara Hari Pendidikan Nasional, pada Selasa, 2 Mei 2023 yang berlangsung di halaman Kantor Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII Jalan Sutoyo Pontianak berjalan khidmat. Upacara Hardiknas ini diikuti oleh seluruh pegawai BPK Wilayah XII, dan mahasiswa magang Program Merdeka Belajar Fakultas FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak. Kepala BPK Wilayah XII, Dra. Dewi Murwaningrum, M.Hum., bertindak selaku pembina upacara yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB.

Upacara Hari Pendidikan Nasional di BPK Wilayah XII
Upacara Hari Pendidikan Nasional di BPK Wilayah XII

Prosesi upacara bendera diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Mengheningkan cipta, pembacaan Naskah Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara, pembacaan Naskah Pembukaan UUD Republik Indonesia 1945, pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang dibacakan oleh pembina upacara merupakan rangkaian acara selanjutnya.

Peserta Upacara pada Hari Pendidikan Nasional di BPK Wilayah XII
Laporan Pemimpin Upacara Kepada Pembina Upacara

Pada kesempatan ini Pembina Upacara membacakan isi dari pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, bahwa selama tiga tahun terakhir perubahan besar terjadi di sekitar kita setelah 24 episode Merdeka Belajar diluncurkan di Indonesia. Hal tersebut membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat. Akhir dari pidatonya, mengajak untuk menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.  

Pengibaran Bendera Merah Putih
Pidato Mendikbudristek Yang Dibacakan Oleh Pembina Upacara
Pembacaan Doa

Setelah Pembina Upacara membacakan pidato, upacara Hari Pendidikan Nasional yang bertemakan “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” ditutup dengan pembacaan doa.