Pembukaan Naik Dango Ke-38 Di Kabupaten Landak

0
510

Puncak kegiatan Naik Dango ke-38 di Kab. Landak dibuka secara resmi pada 27 April 2023 oleh  Asisten  Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalbar, Ignasius IK, SH., M.Si, mewakili Gubernur Kalimantan Barat. Rangkaian acara Naik Dango ke-38 masyarakat Dayak Kanayatn di Kab. Landak, Mempawah, dan Kubu Raya ini telah dimulai sejak 12 April 2023 dan akan berakhir pada 7 Mei 2023.

Tarian Penyambutan Tamu Undangan
Tamu Undangan
Sambutan Asisten Ekbang Setda Prov. Kalbar

Tidak hanya para tamu undangan, antusiasme masyarakat pun tampak dari kehadiran mereka yang memadati Rumah Radakng Aya’ Landak di Ngabang untuk menyaksikan acara-acara yang digelar, antara lain tari nimang padi, ritual nyangahatn (memanjatkan doa pada Jubata), dan defile 24 kontingen dari tiga kabupaten penyelenggara yang mengikuti ngantat panompo’, yakni mengantar persembahan berupa hasil panen yang diiringi dengan tarian hingga akhirnya  dikumpulkan di dalam rumah penyimpanan.

Persembahan Tari Nimang Padi (Amboyo)
Defile Ngantat Panompo’ (Antar Persembahan)

Naik Dango merupakan ekspresi penghormatan kepada Jubata dan rasa syukur atas anugerah-Nya di sepanjang musim tanam termasuk hasil panen yang berlimpah, sekaligus untuk memohon perlindungan dan keselamatan di musim tanam berikutnya. Selain itu, kegiatan ini menjadi salah satu media untuk menyosialisasikan budaya Dayak Kanayatn agar semakin dikenal luas dan nilai-nilainya dapat diwarisi oleh generasi muda.

Petugas Menggunakan Baju Adat Dayak
Penonton Pada Acara Naik Dango