BPNB Jawa Barat Laksanakan Bedah Proposal Pengkajian Nilai Budaya

0
408

BPNB Jawa Barat mengadakan pengkajian/penelitian tentang kesejarahan dan kebudayaan yang tersebar di wilayah kerja, meliputi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan Lampung. Pelaksanaan penelitian tersebut diawali dengan kegiatan bedah proposal penelitian sebagai langkah untuk mendalami tema yang akan dikaji, dengan masukan-masukan yang konstruktif dan kritis dari peserta bedah proposal, sehingga hasil penelitian bisa komprehensif mengungkap aspek aspek sejarah dan nilai budaya. Kegiatan bedah proposal penelitian dipandang perlu karena proposal sebagai dasar dan acuan untuk menentukan arah penelitian di lapangan dan menentukan keberhasilan dalam penelitian. Harapan para pengkaji agar bisa mendekatkan hasil penelitian dengan aktualisasi pelestarian nilai budaya di wilayah kerja maupun dalam lingkup nasional, mengingat ragam sejarah dan budaya di wilayah kerja BPNB Jawa Barat sangat banyak dan memiliki nilai yang masih relevan dengan kondisi bangsa saat ini.
Tujuan kegiatan bedah proposal ini antara lain: 1) Menyamakan persepsi dalam penyusunan proposal penelitian; 2) Memberi arahan, saran dan masukan kepada peneliti untuk penajaman dalam pembuatan proposal penelitian; 3) Peningkatan profesionalisme dalam kegiatan penelitian; 4) Membantu mengarahkan peneliti dalam pencarian data lapangan sesuai dengan tema dan judul penelitian yang diajukan, sehingga memperoleh data yang komprehensif dan relevan dengan tema dan judul penelitian; 5) Pemantapan judul penelitian yang diajukan sehingga tidak akan terjadi perubahan judul pada saat pembuatan laporan hasil penelitian; 6) Memudahkan peneliti dalam penyusunan laporan hasil penelitian, dan menjadikan hasil penelitian dan kajian lebih berbobot, sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam hal akademis dan penentuan kebijakan terkait sejarah dan budaya.
Sesuai dengan tujuan kegiatan Bedah Proposal Pengkajian Pelestarian Nilai Budaya maka kegiatan ini bertemakan “Melalui Bedah Proposal Kita Wujudkan Kajian yang Berkualitas”.
Proposal yang dipresentasikan sebanyak 8 judul dari 8 tim peneliti. Adapun judul-judul proposal penelitian yang dipresentasikan yaitu:

 

1. Kajian Nilai Filosofis dan Makna Simbolik Pada Goong Renteng di Kabupaten Sumedang
2. Toleransi Dalam Keragaman Pada Masyarakat Cigugur Kuningan
3. Jejak Budaya Portugis di Kampung Tugu Jakarta Utara
4. Sejarah Batik di DKI Jakarta
5. Kajian Nilai Pada Tradisi Maca Syekh. Di Kabupaten Pandeglang
6. Toleransi Dalam Keragaman Pada Masyarakat Kota Tangerang
7. Perkembangan Teluk Betung di Provinsi Lampung Pada Masa Kolonial
8. Kajian Tentang Tradisi Ngita di Kabupaten Lampung Barat.

TINGGALKAN KOMENTAR