Siswa-Siswi SD Negeri 10 Cakranegara-Mataram Sambut Nyepi

0
2690

Mataram – Hari Nyepi merupakan hari dimana umat Hindu sedharma melakukan catur brata yang memiliki tujuan untuk menyucikan Bhuana Alit yakni alam manusia atau microcosmos dan Bhuana Agung atau macrocosmos yakni alam semesta. Seperti kita ketahui bahwa di Indonesia Bali merupakan sebuah pulau yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu, sehingga tidak mengherankan jika gegap gempita penyambutan Nyepi sangat terasa di pulau ini. Namun tidak hanya di Bali yang yang masyarakatnya euforia menyambut datangnya hari Nyepi, masyarakat Hindu di Mataram pun demikian.

Meski mayoritas beragama muslim, namun beberapa titik di Mataram masyarakatnya menganut agama Hindu. Kebanyakan dari mereka yang menganut agama Hindu adalah masyarakat pendatang yang berasal dari Pulau Bali. Masyarakat Hindu Mataram biasanya berdiam di Cakranegara.

DSC_0931
Siswa-Siswi SD 10 Cakranegara Memakai Pakaian Adat Madya Saat Menyambut Nyepi (Dok. Wakhyuning Ngarsih)

Euforia penyambutan Nyepi di Mataram salah satunya terlihat di SD Cakranegara 10. Para siswa-siswi memakai pakaian adat madya yang biasanya digunakan untuk bersembahyang serta menyiapkan ogoh-ogoh untuk pengrupukan sehari sebelum Nyepi. Dede (siswa SD Cakaranegara 10) mengatakan bahwa ogoh-ogoh hasil karya para siswa ini dibuat beberapa hari menjelang Nyepi. Akan dihancurkan ketika ada instruksi dari Bapak maupun Ibu Guru. (WN)

Foto Lainnya:

DSC_0929
Para Siswa SD 10 Cakranegara Di Depan Ogoh-Ogoh Hasil Karya Mereka (Dok. Wakhyuning Ngarsih)