Rumah Joglo Milik Surorejo

0
507
Situasi bagian depan rumah tampak dari selatan

     Rumah Tradisional (Joglo) Bapak Surorejo terletak di Dusun Weru, Desa Botodayaan, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada titik koordinat 49L X: 0469002 dan Y: 9100224 dan ketinggian 273 meter di atas permukaan laut. Batas-batas rumah tradisional ini adalah sebagai berikut: sebelah utara berbatasan dengan pekarangan rumah tradisional Pujo Sukismo; sebelah selatan berbatasan dengan rumah tetangga; sebelah barat berbatasan dengan jalan raya kecamatan (Botdayaan – Girisubo); dan sebelah timur berbatasan dengan rumah tetangga.

Soko guru dan tumpang sari

Rumah Joglo ini menghadap ke arah utara. Ukurannya adalah sebagai berikut: panjang bagian depan 9,5 meter; lebar bagian samping 11 meter; tinggi dari lantai hingga ambang atas pintu 2,52 meter; tinggi keseluruhan dari lantai hingga puncak atap joglonya adalah sekitar 6,5 meter. Dindingnya menggunakan dinding dari gebyok berbahan kayu. Pada dinding bagian depan atau utara, terdapat tiga buah pintu berdaun dua. Dinding gebyok dicat berwarna biru, sedangkan lis atau rangka dindingnya dicat berwarna oranye. Bahan atap terbuat dari genting. Keempat soko gurunya yang berbahan kayu dan dicat berwarna oranye ditopang oleh sistem atap tumpang sari. Balandar dan tumpang sarinya merupakan balok-balok kayu yang dicat berwarna biru pada sisi yang menghadap ke samping dan berwarna orange pada sisi yang menghadap ke bawah. Langit-langit menggunakan bahan eternit yang dicat berwarna putih. Keempat soko guru memiliki umpak dari batu putih yang dicat berwarna oranye. Lantai telah menggunakan keramik berwarna hijau.

Sumber: Laporan Her-inventarisasi Cagar Budaya di Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2016

TINGGALKAN KOMENTAR