Candi Klodangan terletak di Dusun Klodangan, Desa Sendangtirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Klodangan ditemukan pada 3 Juni 1998. Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Daerah Istimewa Yogyakarta (SPSP DIY) kemudian melakukan ekskavasi penyelamatan terhadap candi tersebut. Kegiatan ekskavasi dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu ekskavasi tahap pertama dilakukan pada 20 s.d. 29 Juli 1998 dan ekskavasi tahap kedua berlangsung pada 14 s.d. 19 Februari 2000.

     Candi Klodangan diperkirakan berasal dari abad 9-10 masehi, yang telah ditinggalkan pendu­kungnya sebelum selesai dibangun. Candi Klodangan terbuat dari batu putih (tuff). Berdenah persegi dengan ukuran 7,5 meter x 7,5 meter. Posisinya berada pada kedalaman 1,2 meter di bawah permukaan tanah.

Candi Klodangan (Foto: Dok. BPCB DIY)

     Bentuk keseluruhan Candi Klodangan belum dapat diketahui, karena sebagian besar batu-batu penyusunnya telah hilang dan hancur. Batu-batuan yang ditemukan memang membentuk struktur tertentu, namun belum dapat dipastikan bagaimana bentuk aslinya. Beberapa bagian pondasi memang berhasil ditemukan. Namun bagian kaki, tubuh, dan puncak candi sudah tidak ditemukan.

Leave a Reply