Situs Meriam Jepang Bukit Meriam

0
6654
Meriam

Meriam terletak di Jalan Hasanudin kawasan Gunung Meriam, Kelurahan Baru Tengah, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.  Dinamakan gunung karena memang  wilayah  meriam  ini  berada  di dataran tinggi dan menghadap langsung ke Teluk Balikpapan, dengan kondisi saat ini tidak terlihat disebabkan  banyaknya bangunan yang   lebih tinggi disekitar meriam.

Juru Pelihara dari Balai Pelestarian Cagar Budaya berjumlah 1 orang yang ditugaskan untuk merawat Meriam Jepang Bukit Meriam beserta lingkungannya.

Meriam  jepang ini  merupakan  peninggalan  Kaigun,  Angkatan  Laut  Jepang pada masa PD II yang dilindungi oleh Undang-Undang. Meriam Jepang ini dulunya digunakan sebagai senjata pertahanan pihak jepang terhadap pihak belanda dalam merebutkan wilayah sumur minyak yang berada di kota balikpapan.  Meriam ini juga menggambarkan bahwa Kota Balikpapan pada saat Perang Dunia II merupakan tempat yang strategis untuk pertahanan.

Meriam terbuat dari logam dengan bentuk silindris. Meriam memiliki dua laras sebagai  laras  peluru  untuk  ditembakkan.  Pada   bagian  bekalang terdapat  sliding breech dan tersisa satu buah tabung penahan hentakan. Terdapat juga penyanggameriam yang masih  berdiri di pegangan putar yang tertanam dalam tanah.