Masjid Kuno Pasir Belengkong

0
687
Masjid Kuno Pasir Belengkong

Masjid Kuno Pasir Belengkong terletak di Desa Pasir Belengkong, Kecamatan Pasir Belengkong, Kabupaten Pasir, Provinsi Kalimantan Timur.

Juru Pelihara dari Balai Pelestarian Cagar Budaya berjumlah 2 orang yang ditugaskan untuk merawat Masjid Kuno Pasir Belengkong.

Masjid   Kuno   Paser   Belengkong terletak berdampingan dengan Istana Pasir Balengkong. Ukuran bangunan masjid  yaitu 20 x 12 meter.  Di dalam ruang terdapat soko guru sejumlah 6 buah (satu  tiang  untuk menara) mihrab dan mimbar yang terbuat  dari  kayu, di  bagian  atas mihrab berbentuk lengkungan berhiaskan tulisan arab 4 khalifah, Allah, dan Muhammad serta beratap limasan dan berkubah dari  seng.  Atap  masjid bertingkat dari sirap dan diatasnya  terdapat menara. Semua bangunan baik lantai, dinding, maupun tiang-tiangnya terbuat dari kayu. Masjid  ini  sejaman  dengan  Istana Paser Balengkong. Tahun  1979/1980-1980/1981 masjid dipugar oleh Proyek Pembinaan dan Pemeliharaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Kalimantan Timur.