You are currently viewing Masjid Kuno Pasir Belengkong
Masjid Kuno Pasir Belengkong

Masjid Kuno Pasir Belengkong

Masjid Kuno Pasir Belengkong terletak di Desa Pasir Belengkong, Kecamatan Pasir Belengkong, Kabupaten Pasir, Provinsi Kalimantan Timur.

Juru Pelihara dari Balai Pelestarian Cagar Budaya berjumlah 2 orang yang ditugaskan untuk merawat Masjid Kuno Pasir Belengkong.

Masjid   Kuno   Paser   Belengkong terletak berdampingan dengan Istana Pasir Balengkong. Ukuran bangunan masjid  yaitu 20 x 12 meter.  Di dalam ruang terdapat soko guru sejumlah 6 buah (satu  tiang  untuk menara) mihrab dan mimbar yang terbuat  dari  kayu, di  bagian  atas mihrab berbentuk lengkungan berhiaskan tulisan arab 4 khalifah, Allah, dan Muhammad serta beratap limasan dan berkubah dari  seng.  Atap  masjid bertingkat dari sirap dan diatasnya  terdapat menara. Semua bangunan baik lantai, dinding, maupun tiang-tiangnya terbuat dari kayu. Masjid  ini  sejaman  dengan  Istana Paser Balengkong. Tahun  1979/1980-1980/1981 masjid dipugar oleh Proyek Pembinaan dan Pemeliharaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Kalimantan Timur.

Leave a Reply