Makam Kuno Martapura

0
93

Makam berada pada koordinat UTM Zona 50 S, 467176 mE dan 9981994 mU dengan ketinggian 12 Mdpl. Ada tiga nisan dengan orientasi utara-selatan dan terbuat dari bahan dasar kayu tanpa motif dan tulisan. Kondisi makam terawat, posisinya lebih tinggi ± 1 (satu) meter dari dataran yang ada di sekitarnya. Cungkup makam berdiri di atas dataran yang lebih tinggi dengan ukuran panjang 10,02 meter dan lebar 8 meter. Ukuran cungkup makam yaitu panjang 3 meter dan lebar 3 meter. Berikut uraian dari tiga nisan yang ada di Makam Kuno Martapura:

1.   Makam 1 (sisi barat)

Nisan di sisi barat berbentuk pipih, berbahan kayu ulin dengan kondisi rusak (lapuk) dan tidak memiliki motif dan tulisan. Apabila dibandingkan dengan kondisi nisan lainnya, nisan makam 1 (satu) yang paling parah kerusakannya. Ukuran nisan yaitu tinggi 35 cm dan lebar 20 cm.

2.   Makam 2 (tengah)

Nisan di bagian tengah berbentuk pipih, berbahan kayu ulin dengan kondisi rusak (berjamur, berlumut, lapuk dan pecah) dan tidak memiliki motif dan tulisan. Ukuran nisan yaitu tinggi 91 cm dan lebar 25 cm.

3.   Makam 3 (timur)

Nisan di sisi timur berbentuk pipih, berbahan kayu ulin dengan kondisi rusak

(berjamur, berlumut, lapuk dan pecah) dan tidak memiliki motif dan tulisan. Ukuran nisan yaitu tinggi 64 cm dan lebar 16 cm.