Lungun 2, Desa Merasa

0
65
Penggambaran Lungun 2

Situs penguburan Lungun 2 berada dekat dengan Lungun 1. Situs ini masih terletak di Batu Lukok, dapat ditempuh dengan menaiki ketinting selama 10 menit dari desa, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 5 menit melalui sisi tebing karst.

Pada  situs  ini,  ditemukan  sisa  tiga  peti  kubur  lungun  yang  terpisah, namun  yang  masih  dapat  terlihat  bentuknya  hanya  satu  peti  lungun,  dua lainnya hanya  tinggal  bagian  dasarnya yang  sudah  mengalami pelapukan. Hampir sama dengan kondisi Lungun 1, pada situs ini sama sekali tidak dijumpai tutup peti kuburnya, hanya bagian wadah. Temuan lain yang berasosiasi dengan lungun ini yaitu sisa peralatan besi seperti parang/mandau, mata tombak dan dayung. Hal yang menarik pada peti kubur lungun yang masih utuh dijumpai sebuah pahatan sosok antromorphik yang masih utuh dan belum mengalami penjarahan seperti pada situs-situs penguburan lain di wilayah ini, mengingat letaknya yang sangat mudah untuk dijangkau.

Temuan peti kubur lungun di situs Lungun 2 nampaknya sudah tidak pada posisi asalnya. Hal ini dapat terlihat dari posisinya yang cenderung tidak beraturan dan berada di dasar tanah, sehingga kemungkinan banyak terjadi transformasi data yang ada.

TINGGALKAN KOMENTAR