Bangsal Distrik 4 Kelurahan Sangasanga Dalam

0
708
Bangsal Distrik 4

Bangsal Distrik 4

Secara adaministrasi Bangsal Distrik 4 Kelurahan Sangasanga Dalam, Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegar, Provinsi Kalimantan Timur. Aksesibilitas untuk bisa sampai ke Bangsal Distrik 4 dapat ditempuh dengan roda dua dan roda empat.

Latar Sejarah:Bangsal Distrik 4 pada kawasan ini diperkirakan dibangun pada saat aktifitas pengeboran minyak di kawasan ini. Bangsal Distrik 4 berdekatan dengan Kelurahan Sarijaya. bangunan tersebut terdiri dari atas 2 dua bangsal/blok, yang masing-masing blok terdiri atas 12 kamar yang konon ditempati 1 satu keluarga. Kepemilikan dan tuntutan ruang yang semakin mendesak menyebabkan aturan dan besarnya ruang sudah tidak ditepati lagi sesuai aturan lama. Bangunan bangsal ini dibuat masa priode Jepang, yang ditandai dengan kontruksi bangunan yang sudah melibatkan unsur besi sebagai bahan utama bangunan. Bangsal tersebut dihuni oleh Polisi BPM atau tentara KNIIL, kemudian dimasa selanjutnya digunakan oleh para serdadu Jepang di tahun 1943.

Fungsi: Tempat tinggal

Bangsal Distrik 4 
Bangsal Distrik 4

Deskripsi: Bangsal Distrik 4 Kelurahan Sangasanga dibagi menjadi dua bagian utama, yang saling menempel. Bagian pertama adalah bangunan teras yang menghadap kearah jalan, bagian teras ini adalah bagian yang difungsikan sebagai ruang publik tempat penghuni berinteraksi antara satu dengan yang lain. Dibelakang teras ini adalah bangunan utama yang dijadikan tempat tinggal, bangunan ini dabagi lagi menjadi dua sub bangunan yang saling membelakangi, setiap sub bangunan dijadikan rumah tinggal yang berbentuk kamar dengan satu pintu dan satu jendela. Pada setiap sub bangunan terdapat 8 buah kamar, jadi total terdapat 16 kamar/ ruangan yang saling membelakangi. Pada bagian samping kanan dan kiri Bangsal Distrik 4 terdapat kamar mandi dan dapur yang dipergunakan secara bersama‐sama oleh penghuni rumah.

TINGGALKAN KOMENTAR