Kantor BPM (Bataafsche Petroleum Maatschappij) Minyak di Sangasanga

0
1178
Bataafsche

Kantor BPM (Bataafsche Petroleum Maatschappij)

Secara adaministrasi Bangunan Kantor BPM (Batvia Petroleum Maatschappij) Minyak di Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegar, Provinsi Kalimantan Timur. Aksesibilitas saat ini untuk bisa sampai ke bangunan tersebut dapat mengunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

BPM (Batvia Petroleum Maatschappij)
Denah Kantor BPM

Latar Sejarah: Kantor BPM (Bataafsche Petroleum Maatschappij) ini dulunya adalah kantor BPM, gedung yang dipakai untuk seluruh kegiatan administrasi bagi perusahaan BPM di Sanga‐Sanga, sekarang kantor tersebut tetap di pergunakan sebagai sarana perkantoran PT. Pertamina EP. Unit Bisnis EP Sangasanga & Tarakan Field Sangasanga. Kantor ini berbentuk U dengan bagian tengah berupa halaman lebar. Bangunan ini sudah banyak di renovasi dan mengalami banyak perubahan kecuali bentuk dan beberapa panel pintu dan jendela.

Fungsi Awal: Kantor BPM (Bataafsche Petroleum Maatschappij) 1905-1942

Deskripsi : Pada bangunan sisi kanan dan kiri bangunan terdapat 5 pintu dan 10 jendela, pada bangunan bagian tengah dibagi menjadi 2 bagian, bagian kanan dan kiri bangunan dengan pemisah berupa lobby yang tembus ke bagian belakang bangunan. Setiap pintu yang ada di beri teralis dengan bagian atas daun pintu dihias dengan kaca. Pada bagian depan bangunan(tengah) terdapat carport dengan atap/ kanopi baru, penyangga kanopi/ atap adalah tiang bulat berjumlah 2 buah pada bagian depan, dan 4 buah tiang pada bagian belakang(2 tiang bulat dan 2 tiang kotak berada di samping tiang bulat bagian belakang).

TINGGALKAN KOMENTAR