Apa yang dimaksud dengan Sejarah?

0
4014
Museum yang didirikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kutai Kartanegara

Kita Hidup di Dunia dengan perubahan yang sangat cepat, dan bagi banyak orang apapun yang terjadi atau peristiwa apapun dari 10 tahun sebelumnya adalah Sejarah.

Sejumlah Sejarawan menghabiskan waktunya untuk mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi seputar waktu tersebut.

Banyak sejarawan yang beranggapan awal dari dunia modern adalah tahun 1400-an atau abad ke 15 dengan lahirnya renaisans di Eropa. Ini merupakan sebuah era dimana lahir berbagai gagasan baru termasuk peneliti dan eksplorasi atau penjelajahan. Dimasa ini, dunia yang dikatakan kuno berperan dalam membentuk dunia baru.

Dunia modern merupakan hasil dari peradaban kuno. Dari orang-orang di zaman kuno atau dahulu mewariskan jentera atau mesin seperti benda berebntuk lingkaran, bersumbu dan dapat diputar. Kemudian tembikar, tulisan, matematika, musik, lukisan dan pahatan. Orang terdahulu mencermati besarnya bumi dan mempelajari sejumlah hal mengenai bintang.

Candi Borobudur di Magelang dan Candi Prambanan di Klaten dan Sleman dan Yogyakarta senantiasa masih mempesona pengunjungnya. Di Kalimantan sendiri, Kerajaan Kutai Kartanegar masih mewariskan kuliner, tradisi dan bahasa kuno yang dimiliki. Hal ini membuktikan Kerajaan-kerajaan zaman dahulu mewariskan pengaruhnya bagi masa kini.

Tentu saja, bagian sejarah tidak dimulai dan diakhiri dengan mulus. Sejarah adalah suatu rangkaian peristiwa dan manusia, yang saling melengkapi. Sebuah peradaban mempengaruhi peradaban lainya. Suatu bangsa mengambil dan menggunakan suatu gagasan tertentu, misalnya dari bangsa yang berada dekat dengannya. Penaklukan suatu negara atau wilayah memberi warna baru pada kehidupan serta adat istiadat manusia.