Cagar Budaya Di Kalimantan: Sinergitas Instansi Pelestari Kebudayaan Di Kalimantan Timur

0
218

Dialog Publika dengan tema Sinergitas Pelestarian Cagar Budaya Kaltim di kanal TVRI Samarinda

Cagar Budaya merupakan kekayaan budaya bangsa sebagai wujud pemikiran dan perilaku kehidupan manusia yang penting artinya bagi pemahaman dan pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sehingga perlu dilestarikan dan dikelola secara tepat melalui upaya pelestarian yang terwujud melalui aspek pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan dalam rangka memajukan kebudayaan nasional untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Dalam rangka melestarikan Cagar Budaya, negara bertanggung jawab dalam pengaturan pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan Cagar Budaya. Cagar Budaya berupa benda, bangunan, struktur, situs, dan kawasan perlu dikelola oleh pemerintah dan pemerintah daerah dengan meningkatkan peran serta masyarakat untuk melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan Cagar Budaya. Terkait dengan hal tersebut, diperlukan keseimbangan aspek ideologis, akademis, ekologis, dan ekonomis yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan rakyat.

Dengan demikian Cagar Budaya sebenarnya memiliki potensi yang besar. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri karena adanya anggapan bahwa Cagar Budaya memiliki nilai ekonomi yang menguntungkan apabila diperjual belikan. Namun anggapan yang demikian secara bertahap dapat digantikan dengan pemanfaatan bersifat berkelanjutan (sustainable) agar dapat dinikmati kehadirannya oleh generasi mendatang. Peran Pemerintah Daerah sangat penting untuk mewujudkan hal tersebut. Melalui pendekatan pelestarian yang bersifat menyeluruh, harapan masyarakat dapat direalisasikan oleh semua pemangku kepentingan sehingga masyarakat daerah mampu menjadi garda terdepan dalam menjaga kekayaan budaya miliknya sebagai kekayaan bangsa yang dibanggakan oleh generasi mendatang.

Sahabat Budaya dapat menyaksikan siaran ulang melalui link di bawah ini:

https://www.facebook.com/FanPageTVRIKaltim/videos/347009643219219/