Situs Watugilang

0
544

Situs Watugilang terletak di Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, berada di lereng perbukitan Watugilang pada ketinggian kurang lebih 1.300 m di atas permukaan laut dan berada pada kawasan hutan konservasi Taman Hutan Raya R. Surya. Bukit  tersebut merupakan bagian selatan Gunung Api Anjasmoro, wilayah perbukitan ini dikenal memiliki banyak tinggalan arkeologi seperti situs, artefak dan struktur candi. menyebutkan bahwa wilayah perbukitan ini merupakan tempat terjadinya pertempuran antara pengikut Ken Angrok dan tentara Kadiri yang datang menyerbu Tumapel terjadi pada tahun 1222 M, di utara Ganter dan toponin Ganter ini dikaitkan dengan nama Dusun Ganten Dua, di Desa Kasembon, Kec. Ngantang. Hasil penelitian menduga fungsi masa lalu Situs Watugilang adalah sebagai benteng pertahanan, hal yang mendasari dugaan tersebut adalah keletakan situs yang tidak jauh dari dusun Ganter atau Ganten Dua, dan situs berada di lokasi strategis yaitu diperbukitan Watugilang.

Situs berupa struktur talud bertingkat tiga. Pada tingkat pertama terdiri dari enam lapis batu dengan susunan rapat dan rapi. Pada tingkat kedua terdiri dari enam lapis batu dengan susunan rapi dan sebagian telah bergeser. Pada tingkat ketiga terdiri dari empat lapis batu dengan susunan bergeser dan tidak serapih tingkat pertama maupun kedua. Setiap antar tingkat terdapat jarak selebar batu membentuk sudut kemiringan 75%. Susunan batu terdiri dari balok batu pendek berukuran 30 cm x 23 cm yang diselingi oleh balok panjang berukuran 62 cm x 23 cm.

Upaya pelestarian yang dilakukan terhadap Situs ini adalah dengan melakukan pencatatan melalui kegiatan inventarisasi, dan menempatkan juru pelihara.(Unit Pubdok, BPK XI)