MUSEUM EXPO JATIM 2015

0
1583

lay out expo 2_2(1)

MUSEUM EXPO adalah kegiatan pameran benda-benda masterpieces koleksi museum se-Jawa Timur, yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Dan untuk ketiga kalinya kegiatan ini diselenggarakan, sebelumnya diadakan di Kota Sampang Madura, Royal Mall Surabaya dan kali ini akan diadakan di Maspion Square (Giant), Jl. A. Yani No. 73, Surabaya, Jawa Timur, dengan mengusung tema “Pameran Eksotika Benda Koleksi Museum”.

Kegiatan ini bertujuan (1) memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat akan arti penting benda koleksi museum sebagai media belajar sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan, (2) mengenalkan eksistensi dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing museum di Jawa Timur, (3) menyebarluaskan informasi permuseuman yang ada di Jawa Timur, (4) menjalin kerjasama dan pengembangan museum antar pengelola museum yang ada di Jawa Timur.

Selain pameran expo museum, juga diadakan lomba penataan stand pameran, lomba deskripsi koleksi museum, lomba desain batik Jawa Timuran dan pagelaran acara / pentas seni yang di gelar dari siang hingga malam hari selama pameran berlangsung pada 16 – 20 September 2015.
Jumlah peserta yang turut pada pameran museum expo tahun 2015 mencapai 50 museum, yakni terdiri dari museum se-jawa timur sebanyak 38 museum salah satu peserta yakni Museum Majapahit, perwakilan dari kantor BPCB Mojokerto, Jawa Timur, Kemdikbud RI dan sisanya berasal dari museum luar provinsi.(un)

Sumber: BPCB Mojokerto, Jawa Timur dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.