Makam Maulana Malik Ibrahim

0
15784

maulana malik ibrahim

Makam ini terletak di jantung kota Gresik, tepatnya di Jalan Malik Ibrahim, di Desa Gapuro Sukolilo yang berjarak 200 m dari aloon-aloon kota Gresik, sehingga sangat mudah dijangkau dengan transportasi umum. Komplek makam Maulana Malik Ibrahim dikelilingi oleh pemakaman keluarga dan umum, selain itu di sebelah barat kompleks makam terdapat makam Bupati Gresik yang pertama yaitu Raden Pusponegoro beserta keluarga.

Bangunan makam memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan makam yang lainnya sehingga mempunyai daya tarik mempesona bagi wisatawan. Hal ini dapat dilihat dari bahan batu nisan dan gaya tulisan arab yang terdapat pada makam. Batu nisan bergaya nisan Gujarat, serta model tulisan arabnya banyak dijumpai di negeri Gujarat. Peninggalan-peninggalan beliau antara lain : Masjid Pasucinan di Desa Leran dan Langgar dn Pondok Pesantren di Desa Jawa (Sekarang Kelurahan Kemuteran Kota Gresik).

Syech Maulana Malik Ibrahim dikenal pula dengan sebutan Maulana Maghribi, Syeck Maghribi. Dalam deretan nama-nama Sunan/Wali di Jawa Beliau adalah wali tertu. Datang di Jawa untuk menyebarkan Agama Islam pada zaman Majapahit (TH. 1379 M). Beliau wafat tanggal 12 Rabiul Awal 822 h (1419 m), yang selanjutnya setiap tanggal tersebut diperingati dengan acara Haul yang diikuti jama’ah lokal dan regional maupun nusantara. Makam tokoh Penyebar Agama Islam yang pertama di Jawa ini setiap hari didatangi peziarah bukan saja dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri, setiap tahun tidak kurang 850.000 orang peziarah yang datang.