Kajian Koleksi Museum Daerah Kabupaten Lumajang

0
269
Foto Kegiatan Kajian Wadah Logam dan Keramik Koleksi Museum Daerah Kabupaten Lumajang. (Doc. Adhi Hendrana)

Pada tanggal 14 – 18 Juli 2020, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur melaksanakan kegiatan pengkajian koleksi Museum Daerah Kabupaten Lumajang. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lumajang. Dalam kegiatan ini Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur menugaskan Tim Pengkaji yang terdiri lima (5) orang tenaga ahli, dua (2) orang tenaga surveyor, dan dua (2) orang tenaga operator.

Kegiatan kajian koleksi Museum Daerah Kabupaten Lumajang akan dilaksanakan selama tiga puluh (30) hari kerja mulai tanggal 14 Juli 2020. Tahapan kajian meliputi pengamatan (observasi) koleksi di lapangan pada tanggal 14-18 Juli 2020, kemudian dilanjutkan dengan analisis data, sintesa data, dikusi terpumpun (Fokus Group Discussion), dan pembuatan laporan kajian.

Foto Kegiatan Kajian Batik Koleksi Museum Daerah Kabupaten Lumajang. (Doc. Kuswanto)

Sasaran kegiatan kajian koleksi Museum Kabupaten Lumajang meliputi dua jenis koleksi yaitu Koleksi Purbakala dan Koleksi Seni. Koleksi Purbakala yang dikaji berupa koleksi Lingga-Yoni, Prasasti Ranukumbolo, Wadah Keramik, dan Wadah Logam. Sementara itu, Koleksi Seni yang dikaji berupa koleksi senjata tradisional Lumajang yang disebut Wedung Sanibin dan koleksi kain batik Museum Daerah Kabupaten Lumajang. Tujuan dari kegiatan kajian koleksi ini adalah untuk mengungkap berbagai informasi yang terkait dengan koleksi yang dikaji. Hasil kajian diharapkan dapat digunakan sebagai dasar pembuatan katalog koleksi, pembuatan label informasi koleksi untuk melengkapi penyajian (display) koleksi, dan pembuatan buku informasi koleksi Museum Daerah Kabupaten Lumajang. (Kuswanto)

TINGGALKAN KOMENTAR