Ekskavasi Candi Gambar Wetan Tahap IV Tahun 2016

0
1703

Ekskavasi ini merupakan lanjutan dari ekskavasi Tahap I yang dilakukan tahun 2012, dilanjutkan Tahap II pada tahun 2014, Tahap III dilakukan pada tahun 2015. Ekskavasi Tahap IV tahun 2016 ini dilakukan berdasarkan hasil temuan dari Test Pit tahun 1992 yang pada saat itu ditemukan struktur anak tangga. Pada tahun 2016 setelah dilakukan ekskavasi ternyata struktur yang ditemukan bukanlah temuan yang dimaksud pada tahun 1992 melainkan struktur baru yang berbentuk batur.Proses Ekskavasi Candi Gambar Wetan yang terletak di Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, meliputi serangkaian kegiatan:

Pembuatan Lay Out Kotak untuk menentukan kotak-kotak fokus penggalian dimana struktur yang dicari berada pada posisi kotak-kotak tersebut.

Hasil akhir pembuatan Lay Out

Penggalian pada Tahap IV ini membuka 8 kotak  secara bertahap mengikuti arah struktur yang ditemukan.

Pengupasan tanah utuk menampakkan detail struktur

Penggambaran dilakukan untuk mendokumentasikan temuan secara pictoral hingga bentuk detail diketahui dengan jelas. Selain itu juga dilakukan penggambaran stratrigrafi tanah untuk mencatat lapisan-lapisan tanah yang pernah menimbun struktur.

Penggambaran lebar struktur
Penggambaran lebar struktur

Deskripsi dilakukan untuk mencatat kondisi temuan struktur yang telah terbuka atau yang tampak dan juga mencatat lapisan-lapisan tanah.

Kegiatan pendeskripsian
Kegiatan pendeskripsian

Pendokumentasian yang merupakan dokumentasi akhir kegiatan berupa situasi secara keseluruhan kotak-kotak yang telah digali.

Kondisi akhir setelah penggalian
Kondisi akhir setelah penggalian

Kegiatan pemindahan dilakukan untuk menyelamatkan panil-panil relief yang terlepas dari matriksnya dari ancaman hilang atau rusak. Relief-relief tersebut untuk sementara dipindahkan di Museum Penataran dan akan ditempatkan kembali di candi pada saat pemugaran nanti (Sumber-Nugroho Harjo Lukito).

Kegiatan pemindahan
Kegiatan pemindahan
Setelah dipindahkan
Setelah dipindahkan