Candi Watesumpak

0
223

Candi Watesumpak terletak di Dusun Watesumpak, Desa Watesumpak, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi ini  ditemukan pada tahun 2008, secara tidak sengaja pada saat ada aktifitas pengalian tanah untuk keperluan pembuatan bata merah. Belum banyak penelitian yang mengupas tentang fungsi masa lalu, namun ada dugaan area candi Watesumpak merupakan area bangunan suci, yang mendasari dugaan ini adalah temuan sumur berbentuk persegi berbahan batu bata pada tahun 2009 dengan jarak sekitar 10 m sebelah barat candi. Keletakan dan bentuk sumur yang berdenah persegi ini, tergolong ke dalam sumur sakral yang berkaitan dengan aktifitas disekitar candi.

Candi Watesumpak merupakan struktur bata berdenah persegi dengan ukuran panjang 8.9 m dan lebar 4.4 m. Candi ini menghadap ke barat dan berada di atas tanah yang agak tinggi dari areal sekitar. Bagian halaman terdapat tatanan bata kuno yang digunakan untuk memagari tanaman. Sementara itu pada halaman sebelah selatan terdapat struktur 4 lapis bata yang membujur barat-timur dengan panjang 3.9 m. Struktur utama membujur arah utara-selatan. Struktur sebelah utara berupa profil yang berdenah setengah palang yunani dengan 5 sudut, sementara itu permukaan atas profil tersebut berupa trap bata.

Pada gundukan (atas) candi wates umpak terdapat tatanan bata mirip makam yang disebut Kubur Tandak. Makam berupa bilik tembok berdenah persegi yang di dalamnya terdapat 4 pusara, dan digunakan untuk aktifitas ziarah oleh sebagian orang. Selain itu pada Situs Watesumpak juga ditemukan beberapa objek, antara lain : batu pipisan, 2 buah fragmen lumpang , bata kuno, fragmen bakalan kepala arca, bata bermotif ukel, bata relief, lingga dan batu uulat 2 buah

Upaya pelestarian yang dilakukan terhadap Candi Watesumpak adalah dengan melakukan pencatatan melalui kegiatan inventarisasi, konservasi secara berkala dan menempatkan juru pelihara.