Goa Gajah Beserta Peninggalannya (Bagian.2)

0
1830

Pada artikel sebelumnya telah dibahas goa yang merupakan tinggalan yang terdapat pada Goa Gajah. Berikutnya kita akan bahas tinggalan yang terdapat di dalam goa tersebut yaitu Trilingga dan Arca Ganesha.

  1. Trilingga

Peninggalan purbakala berupa trilingga terdapat di dalam goa pada ceruk di ujung timur lorong yang membentang arah timurdsc_0057 – barat. Trilingga ini merupakan tiga buah lingga yang dibuat tegak di atas lapik, berbahan batu andesit. Trilingga yang berlapiskan bajralepa ini terdiri atas tiga bagian, yaitu rudra bhaga, lingga yang berdiri di tengah polos, sedangkan rudhabhaga kedua lingga yang mengapitnya diberi pita yang sekelilingnya dihiasi ceplok bunga. Pita semacam ini dalam upacara keagamaan di Bali disebut dengan karawista.

2. Arca Ganesha

dsc_0051Arca ini juga terdapat di dalam goa pada ceruk di ujung barat. Ganesha digambarkan duduk dengan sikap kurmasana yaitu sikap duduk dengan kedua kakinya dilipat di depan tubuh dan kedua telapak kakinya bertemu, tetapi pada ganesha ini tidak sampai menempel dan ada jarak renggangnya sekitar 3 cm. Tempat duduk arca berupa padmasana (padmaganda).

TINGGALKAN KOMENTAR