Peresmian Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti Istana Bogor

  • Post author:
  • Post category:Berita

Bogor. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti. Peresmian ini berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor sore tadi.

Istana Kepresidenan Bogor telah menjadi saksi sejarah berlangsungnya berbagai kegiatan para Presiden Republik Indonesia dan juga acara kenegaraan sejak dari masa kemerdekaan sampai kini. Di sisi lain, sejak masa kepemimpinan presiden Republik Indonesia pertama sampai dengan keenam telah banyak kegiatan dan peristiwa bersejarah yang terjadi dalam komplek ini sebagai bagian dari tonggak perjalanan bangsa.

IMG_3809

Pembangunan Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti yang berlokasi di kawasan Istana Kepresidenan Bogor merupakan upaya untuk menyajikan karya dan prestasi Presiden Republik Indonesia pertama hingga keenam dalam membangun bangsa kepada masayrakat luas.

IMG_9550

Pembangunan Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti dengan luas sekitar 3211,6 m ini dilakukan secara terpadu dengan melibatkan berbagai lembaga pemerintah dan masyarakat. Fisik bangunan “Balai Kirti”dibangun oleh kementrian Pekerjaan Umum, sedangkan berkaitan dengan museumnya, mulai dari story line, tata pamer, koleksi, film dokumenter, buku sejarah, kepresidenan, fasilitas teknologi inofrmasi dan perpustakaan difasilitasi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2012 s.d 2014. Di lain pihak kelengkapan koleksi buku perpustakaan dilakukan oleh perpustakaan nasional, dan untuk informasi peta digital dibantu oleh BadanInformasi Geospasial, sementara itu Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memfasilitasi ruang art shop yang akan membantu pengunjung untuk mendapatkan cinderamata.

Pembangunan Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti juga didukung oleh tenaga profesional di berbagai bidang seperti arsitektur, sejarahwan, museolog, ahli teknologi informasi, desain interior, dan seniman.