Pendukungan Ritual Adat Hude Nuke Penganut Kepercayaan Lera Wulan Tana Ekan

0
264

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek melaksanakan pendukungan ritual adat di Desa Painapang, Kecamatan Lewolema, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur pada Selasa, 8 Agustus 2023. Direktur Kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dan Masyarakat Adat bersama Penjabat Bupati Flores Timur hadir pada kegiatan tersebut.

Menurut Direktur Kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Syamsul Hadi, kegiatan ini mendapatkan pendukungan agar Penghayat Lera Wulan Tana Ekan yang berada di desa Painapang ini selalu melestarikan budayanya. Selain itu, Bupati Flores Timur Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si mengatakan harapannya bahwa upaya pelestarian budaya harus selalu dilakukan agar anak muda sekarang dapat melihat proses ritual adat sehingga menjadi penerus selanjutnya.

Ritual Adat Hode Nuke yang berarti “Menerima hewan Kurban” yang dilakukan oleh Masyarakat Adat Lamatou yang menganut kepercayaan Lera Wulan Tana Ekan. Ritual yang dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk mengucap rasa syukur terhadap ibu bumi yang memberikan kehidupan yang berkah selama ini dengan menyembelih beberapa hewan kurban seperti kambing, anak ayam, dan beberapa hewan lainnya.