Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan badan hukum publik yang dibentuk oleh pemerintah untuk mewujudkan terlaksananya program Jaminan Kesehatan Nasional. Dalam upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai manfaat program JKN-KIS, BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi kepada para pegawai Museum Kebangkitan Nasional. Jumat (7/2) bertempat di Ruang Boedi Oetomo, sosialisasi ini dilaksanakan dengan narasumber dari BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat M. Reyza Al Fath.

Tujuan kegiatan ini untuk mempertajam upaya optimalisasi pelayanan serta meningkatkan pemahaman terkait mekanisme pelayanan kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Selain itu, agar peserta BPJS dapat memperoleh  manfaat sesuai dengan haknya melalui sistem prosedur yang benar. Kegiatan sosialisasi ini akan terus digencarkan BPJS Kesehatan selain merupakan kewajiban, kegiatan sosialisasi ini diharapkan akan meningkatkan pengetahuan peserta serta mendorong peserta untuk terus menjaga kesehatan.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, juga diadakan sesi tanya jawab dengan narasumber, untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang dialami oleh pegawai Museum Kebangkitan Nasional. Pada kesempatan tersebut BPJS Kesehatan juga memperkenalkan aplikasi Mobile JKN. Dalam aplikasi Mobile JKN terdapat berbagai macam kemudahan yaitu kemudahan membayar dan mengubah data peserta, kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, dan kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS.