Briefing Relawan Aku Cinta Indonesia (ACI) di Museum Kebangkitan Nasional

0
1167

Aku Cinta Indonesia (ACI) merupakan program belajar luar kelas yang diadakan sehari penuh dengan menyajikan pelajaran karakter dan kewarganegaraan dalam bentuk permainan dan kompetisi, sehingga relevan bagi generasi muda. Secara khusus, para peserta akan belajar mengenai sejarah Pemilihan Umum (Pemilu) sampai tata cara memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan pada Sabtu, 6 April 2019 di tempat-tempat historis di sekitar Jakarta.

Program ini merupakan salah satu kegiatan dari Yayasan Bela Negara Nasional Indonesia (Yayasan Beneran Indonesia). Yayasan ini dibentuk dari berbagai elemen masyarakat dengan berbagai latar belakang untuk berkontribusi bagi kesejahteraan dan menciptakan solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat serta menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pada tanggal 23 sampai 24 Maret 2019, Museum Kebangkitan Nasional berkesempatan menjadi tempat kegiatan briefing Relawan Aku Cinta Indonesia.  Kegiatan ini dihadiri oleh 70 orang relawan. Relawan-relawan ini terdiri dari mahasiswa dan profesional muda. Pada hari Sabtu kegiatan dimulai pada pukul 08.00 – 12.00 WIB, sedangkan pada hari Minggu kegiatan dimulai pukul 13.00 – 16.00 WIB.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua, yang pertama diskusi dengan narasumber dari Yayasan Beneran Indonesia tentang pengembangan karakter dan keterampilan secara individu. Selain itu, para relawan diajak untuk melakukan permainan di luar gedung untuk membentuk kerjasama team.