Anak Intelektual B.J. Habibie Menggelar Rapat Umum di Museum Kebangkitan Nasional

0
1106
Pada hari Sabtu (14/12) bertempat di aula STOVIA Museum Kebangkitan Nasional,  Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) menggelar rapat umum anggota dan pemilihan ketua umum kepengurusan pusat. IABIE – Ikatan Alumni Program Habibie ini adalah suatu Ikatan Alumni yang terdiri dari para lulusan SMA terbaik di seluruh Indonesia yang berjumlah 1500 orang yang pada tahun 1982 – 1996 dikirim oleh Kementerian Riset dan Teknologi dalam Program OFP, STMDP, STAID, IPTN dan PT PAL untuk  melanjutkan studi S-1 di bidang Sains & Teknologi ke beberapa negara maju di dunia diantaranya Jerman, USA, Perancis, Belanda, Inggris, Australia, Kanada, Austria, dan Jepang. Program beasiswa ini merupakan  inisiatif langsung dari Menteri Riset dan Teknologi, Prof. Dr. B.J Habibie yang juga merupakan Presiden Republik Indonesia ke-3.
Tujuan dari adanya IABIE ini yaitu dapat menjadi pemimpin dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan pembangunan nasional di Indonesia serta dapat berperan proaktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan strategi pembangunan Nasional. Dalam pendirian organisasi ini, B.J. Habibie berharap anggota IABIE bias inklusif karena mereka adalah generasi penerus pengembangan sains dan teknologi.
IABIE telah mendata 4000 putra-putri terbaik lulusan program beasiswa Habibie. Data anak intelektual Habibie itu sudah didokumentasikan oleh IABIE, termasuk peran dan kiprahnya. Mereka tersebar di dalam negeri berkontribusi nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan bangsa di berbagai lini keahlian, baik di pemerintahan maupun swasta, serta berdiaspora di banyak negara.