3000 Pengunjung Memaknai Tokoh “Pahlawan” di Pameran Museum Kebangkitan Nasional

0
1148

Museum Kebangkitan Nasional kembali mengadakan pameran di luar area Jakarta dengan mengangkat tema besar “Benang Merah Kebangkitan Nasional dan Hari Pahlawan”. Bertempat di Museum Mpu Tantular Sidoarjo, pameran ini berlangsung selama lima hari mulai tanggal 3-7 Desember 2019. Dalam pelaksanaannya Museum Kebangkitan Nasional juga bekerjasama dengan Museum Tugu Pahlawan, Museum dr. Soetomo, Museum Kesehatan, dan Museum Nahdlatul Ulama terkait koleksi yang berkaitan dengan tema pameran.

Untuk memeriahkan pembukaan pameran pada tanggal 3 Desember 2019 juga diadakan diskusi publik dengan tema “Peran dr. Soetomo dan Bung Tomo dalam Pembentukan NKRI”. Diskusi ini menghadirkan narasumber dari dua komunitas sejarah di Surabaya yaitu Bapak Ir. Deddy Endarto yang merupakan dosen Universitas Wijaya Kusuma Surabaya sekaligus mewakili komunitas Laskar Soerabaja dan Bapak Nanang Purwono, S.Pd dari komunitas Begandring Soerabaja. Diskusi ini dimoderatori oleh Bapak Syaiful, S.S yang merupakan pamong budaya dari Museum Mpu Tantular.

Panel-panel dalam pameran ini mengenai profil Museum Kebangkitan Nasional, sejarah singkat organisasi Boedi Oetomo sampai diperingati menjadi Hari Kebangkitan Nasional, biografi dr. Soetomo dan Bung Tomo, pertempuran 10 November, serta peran santri dalam pertempuran 10 November sehingga diperingati sebagai resolusi jihad Hari Santri. Selain itu, juga dihadirkan kontemplasi mengenai pahlawan modern saat ini yang dapat diisi oleh pengunjung ketika selesai berkeliling. Kemudian juga terdapat permainan puzzle gambar Museum Kebangkitan Nasional dan tokoh pahlawan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan awareness generasi muda terhadap peristiwa sejarah di masa lalu, serta peran para pahlawan yang telah berjasa untuk Indonesia.