Lomba Foto Cagar Budaya

0
1260

Jakarta. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), menyelenggarakan pameran fotografi yang  berlangsung selama 9 hari yaitu pada tanggal 11 hingga 20 Desember 2012 di Galeri Nasional Jakarta. Pameran foto cagar budaya akan menampilkan 300 foto dari 100 fotografer dari lomba fotografi. Pameran ini terbuka untuk umum.

Foto yang dipamerkan merupakan karya para jurnalis dan masyarakat umum yang mengikuti lomba  foto Cagar Budaya yang berlangsung sejak tanggal 1 sampai dengan 30 November 2012. Lomba fotografi ini diikuti 881 peserta yang terdiri dari kalangan wartawan dan masyarakat umum yang secara keseluruhan terkumpul 2.648 foto. Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Surya Helmi menyatakan bahwa lomba fotografi dan pameran adalah upaya kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengapresiasi masyarakat yang turut mendokumentasikan dan memelihara cagar budaya Indonesia. “Cagar budaya perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan kebudayaan sesuai dengan amanat UU no 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya”, katanya.

Berdasarkan keputusan dewan juri, telah ditentukan lima orang pemenang dari katagori umum dan katagori jurnalis. Dewan juri lomba fotografi cagar budaya dalam kearifan local tahun 2012 menetapkan juara 1 dari kategori umum adalah Rafly Rinaldy dan Nyoman Budhiana dari kategori jurnalistik. Rafly Rinaldy adalah karyawan swasta dan Nyoman Budhiana adalah fotografer LKBN Antara-Biro Bali. Dewan juri terdiri atas Enny Nurahenni (Chief Editor Reuter Foto), Hermanus Prihatna (Editor Foto LKBN Antara), Farid Gaban (Wartawan Senior), Dr Ali Akbar (Arkelog UI) dan Tirto Andayanto (Antropolog/Fotografer).  (RM)