Mural 2D dan 3D Keberagaman di Kota Tua

0
125

Pembuatan Mural 2D dan 3D (Trick Art)

Galeri Nasional Indonesia

dalam Rangka Hari Museum Indonesia 2019

di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta

 

Hari Museum Indonesia diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Pada tahun ini, puncak peringatan Hari Museum Indonesia 2019 diselenggarakan pada 7-13 Oktober 2019 di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta. Kali ini, tema yang diangkat adalah “Museum Menyatukan Keberagaman”. Dalam rangka Hari Museum Indonesia 2019 tersebut, Galeri Nasional Indonesia (GNI) mendukung melalui pembuatan karya mural.

 

Mural dibuat oleh seniman Guntur Wibowo. Mural tersebut berupa dua dimensi masing-masing berukuruan 3 x 6 meter, dan mural trick art tiga dimensi berukuran 5 x 8 meter. Konsep yang diangkat dalam karya mural terkait dengan tema seputar permuseuman. Bagi masyarakat dapat menyaksikan secara langsung pembuatan karya mural dalam acara live mural painting pada Senin, 7 Oktober 2019, pukul 15.00-20.00 menjelang acara pembukaan Hari Museum Indonesia 2019 di hari yang sama pukul 19.00.

 

Mural ini diharapkan Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto dapat menambah nilai artistik kawasan Kota Tua khususnya Taman Fatahillah, sehingga menarik minat masyarakat. Selain itu, juga diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada publik untuk mengapresiasi, sekaligus memberikan inspirasi dan motivasi untuk mencintai karya seni rupa. Mural ini merupakan salah satu dari sekian banyak ragam karya seni yang ditampilkan dalam menyemarakkan perayaan Hari Museum Indonesia 2019. Keberagaman karya seni tersebut menjadi kekuatan museum-museum di Indonesia dalam memajukan kebudayaan bangsa, tutup Pustanto.

 

—————–

 

Live Mural Painting oleh Guntur Wibowo

Senin, 7 Oktober 2019

Pukul 15.00 – 20.00

di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta

 

Pembukaan Hari Museum Indonesia 2019

Senin, 7 Oktober 2019

Pukul 19.00

di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta

 

—————–

 

Guntur Wibowo

Keberagaman

Akrilik pada kanvas, akrilik pada flexi

6 x 3m (2 buah), 5 x 8 m (1 buah)

2019

Deskripsi/konsep karya:

Galeri Nasional Indonesia, Museum Nasional Indonesia, Museum Naskah Proklamasi, Museum Sumpah Pemuda, Museum Basoeki Abdullah, Museum Kebangkitan Nasional, keberagaman koleksi, keberagaman budaya, dan kekayaan nusantara saya satukan menjadi satu kesatuan. Inilah kekayaan bangsa Indonesia yang harus kita dan publik banggakan. Dari koleksi-koleksi museum inilah tercermin budaya dan kekayaan bangsa Indonesia yang berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semangat yang ingin saya sampaikan kepada masyarakat Indonesia dan bahkan dunia.

 

Press Release Mural HMI 2019