Eldwin Pradipta Sajikan Karya “Natural Impair for the Past”

0
727
Eldwin Pradipta; “Natural Impair for the Past”; Video projection on sandblasted acrylic, human shadow Variable dimension, variable duration; 2017

Seri Karya Bercerita
Pameran Cadas Indonesia
“WIMBA KALA”

Deskripsi Karya

Karya ini berangkat dari ketertarikan Eldwin pada aspek vandalisme yang ditemukan di situs-situs gua dengan lukisan prasejarah. Pada kekaryaan sebelumnya, ia banyak membahas mengenai pengaruh industri pariwisata pada nilai-nilai sejarah, kultural, dan tradisi di suatu wilayah. Turis ataupun pendatang, secara sadar ataupun tidak sadar, memiliki potensi mengurangi dan merusak nilai-nilai tersebut.

Situs gua dengan gambar cadas sangat rentan pada kerusakan, selain karena ulah manusia yang memang datang dengan intensi merusak, panas tubuh, dan juga unsur kimia yang terbawa pada pakaian ataupun kulit manusia dapat bereaksi dengan bahan pewarna lukisan cadas, dan memungkinkan untuk menimbulkan kerusakan.

Eldwin memanfaatkan medium proyeksi video dalam karya ini, sedemikian rupa agar kehadiran audien saat melihat karya, menimbulkan bayangan dan akhirnya mengganggu karya itu sendiri. Elemen visual lain yang ia gunakan didapat dari riset singkat saya di Pulau Muna, Sulawesi Tenggara, salah satu titik di mana banyak ditemukan situs gambar cadas.