Voca Erudita Terpilih sebagai Paduan Suara Terbaik di Austria

0
1568

Voca Erudita
Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya kembali mendukung pelaku budaya untuk tampil di luar negeri. Kali ini kelompok paduan suara Voca Erudita difasilitasi untuk tampil di “Internationaler Chorwettbewerb Spittal an der Drau in Austria 2015”.

Internationaler Chorwettbewerb Spittal an der Drau in Austria merupakan kompetisi paduan suara internasional bergengsi yang diadakan setiap tahun di Spittal Austria. Kompetisi ini terlah memasuki usia 52 tahun dan mencatat sebanyak 505 kelompok paduan suara yang telah berpartisipasi dari 42 negara dengan julah penyanyi yang hadir sebanyak lebih dari 28.000 penyanyi.

Paduan Voca Erudita menjadi salah satu peserta yang diundang untuk kompetisi tahun 2015. Beranggotakan 35 orang, Voca Erudita membawakan total 8 buah lagu. Tiga lagu dengan bahasa daerah Jawa dan Padang dibawakan untuk penampilan pada kategori Folksong dan 5 (lima) lagu lainnya dalam bahasa setempat dibawakan untuk kategori Classic.

Penampilan Voca Erudita mampu membius penonton yang hadir, grup paduan suara ini berhasil menduduki peringkat ke-4 untuk kategori Folksong dan peringkat ke-6 untuk kategori Classic. Bahkan pada puncak acara, yaitu winner concert, Voca Erudita berhasil menyihir penonton sehingga berhasil meraih penghargaan sebagai Paduan Suara Terbaik pilihan masyarakat Spittal, Austria.