Tam-Tam Buku Lingga

0
345

Permainan ini disebut dengan nama tam-tam buku. Sebutan lain permainan ini ada juga yang menyebutnya dengan permainan ular naga. Permainan ini terdapat di Kabupaten Lingga.

PEMAIN

Permainan ini dilakukan oleh banyak orang antara 6 hingga 12 orang. Permainan ini dilakukan oleh anak laki- laki, prempuan atau campuran. Usia pemain antara 4 hingga 12 tahun.

ATURAN PERMAINAN

Permainan tam-tam buku dilakukan secara beramai masing-masing memegang orang yang didepannya. Sedangkan yang paling depan bu lan dan bintang melakukan pertandingan tarik menarik dengan tangan dibantu orang-orang yang berada dibelakangnya dengan memegang badan orang yang didepannya. Siapa yang dapat menarik dan melewati garis maka kelompoknya yang menang.

ALAT YANG DIGUNAKAN

Permainan tam-tam buku tidak memerlukan peralat- an, tapi cukup persiapan fisik dan stamina pemain agar dapat bermain hingga selesai. Permainan in i juga tidak membu tu hk an  ten aga y ang berlebi h  k ec u ali  s aat melakukan tarik menarik tangan antar kelompok.

WAKTU DAN TEMPAT

Waktu permainan dilakukan pada pagi siang atau malam hari. Tempat permainan di halaman rumah atau di lapangan terbuka. awal dan pihak yang telah berhasil di tangkap akan bergantian menjadi pihak “Yang jadi” proses tahapan permainan sede- mikian rupa hingga akhirnya permainan diulang dari posisi awal.

ALAT YANG DIGUNAKAN

Alat yang digunakan sangat sederhana, hanya sebuah kayu u ntu k membu at sebu ah lingkaran yang akan digunakan sebagai kurungan.

CARA PEMBUATAN

Untuk membuat skema permainan terlebih dahulu menentukan lokasi yang akan dijadikan sebagai lahan untuk permainan, permainan ini biasanya dilakukan di luar ruang, bisa dihalaman rumah atau di lapangan. Diameter dibuat dengan ukuran sekitar 1 – 1,5 meter atau kira-kira seukuran kedua tangan yang direntangkan. Untu k membu at lingkaran dapat dilakukan dengan menggunakan penggaris dari kayu yang dapat diperoleh dengan mudah disekitar lingkungan mereka.

WAKTU DAN TEMPAT

Waktu permainan dilakukan pada siang hari atau sore hari, tempat permainan dilakukan di luar ruang, bisa dihalaman rumah atau dilapangan. Sesuai kesepakatan bersama antara pemain.

*

Pada masa lalu, permainan ini selalu dimainkan pada malam hari, apalagi disaat bulan purnama. Jumlah pemainnya antara 6 hingga 10 orang bahkan lebih. Lokasi permainan umumnya dilakukan di halaman rumah atau lapangan terbuka. pemain selanjutnya menentukan dua orang sebagai ketua kelompok. Biasanya mereka menamakan kelompok mereka dengan naman kelompok bulan dan kelompok bintang. Setelah ketua ditentukan selanjutnya seluruh pemain membentuk barisan memanjang masing-maing memegang pundak belakang teman didepannya. Kemudian Ketua kelompok saling memegang kedua tangan berhadapan membentuk gerbang/pintu dengan tangannya. Anggota kelompok harus melewati gerbang tersebut sambil bernyanyi, saat nyanyian berhenti maka dia akan ditangkap dan ditanya oleh ketua kelompok ingin memilih kelompok bulan atau bintang.Permainan itu dilakukan terus menenrus hingga seluruh pemain tertangkap oleh ketua kelompok dan masing-masing telah menentukan pilhannya terhadap kelompok bulan atau bintang. Kemudian ketua kelompok saling berjabatan tangan untuk melakukan tarik menarik siapa yang paling kuat dengan dukungan masing-masing anggota yang saling memegang untuk mempertahankan dan memberi kekuatan sambil berteriak yel-yel menyebut nama masing-masing kelompok. siapa yang melewati garis batas maka kelompok tersebut dinyatakan kalah, dan permainanpun selesai. terkadang mereka mengulang kembali permainan dari awal atau mengakhiri permainan tersebut.

 

Keterangan

Tahun :2019

Nomor Registrasi :201900856

Nama Karya Budaya :Tam-Tam Buku Lingga

Provinsi :Kepulauan Riau

Domain :Tradisi dan Ekspresi Lisan

Sumber: Website Warisan Budaya Takbenda