Permainan Pada Musim Angin Di Jawa Barat, Kolecer

0
2484
sumber foto: pesona.travel.com

Kolecer adalah sebuah mainan yang paling popular di wilayah Sunda karena merupakan mainan yang ditemukan di berbagai wilayah Sunda. Mainan ini dimainkan bukan hanya oleh anak-anak tetapi juga oleh remaja sampai masa dewasa. Di Kabupaten Subang ditemukan kolecer yang panjangnya mencapai 6-8 meter dan di daerah ini pada musim angin, hampir semua orang memasang kolecer bahkan banyak tempat yang dinamakan pasir kolecer yaitu bukit tempat kolecer itu di mainkan. Di wilayah ini pula ada kolecer yang merupakan warisan turun- temurun.

Para penduduk yang kerja di luar wilayah biasanya pada saat musim angin pulang dahulu untuk memasang kolecer. Unsur rekreasi yang didapat dari kolecer adalah suara yang dihasilkan dari gerak kolecer tersebut. Dalam istilah sunda ”nyeguk” tekanan angin yang kuat memutarkan kolecer tersebut sampai melengkung ke belakang dan ketika angin melemah gerakan kolecer kembali tersentak ke depan dan berbunyi ”wuuk” suara yang dihasilkan itu yang menjadi kebanggaan pemiliknya.

Semakin keras suara yang dihasilkan semakin bagus kualitas dari kolecer tersebut. Kesukaan masyarakat terhadap kolecer juga menyebabkan permainan ini mempunyai tahapan untuk mencapai sebuah kolecer yang sempurna di mulai dari masa anak-anak dengan berbagai tahapan pembelajaran membuat dan memainkan kolecer tersebut.