Indonesia Mejadi Pembicara dalam The First International Conference of the NGOs Accredited by the Convention for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage of UNESCO

0
851

Perwakilan SENA WANGI menjadi pembicara dalam konferensi
Perwakilan SENA WANGI menjadi pembicara dalam konferensi

Indonesia diwakili oleh SENA WANGI sebagai pihak NGO menghadiri The First International Conference of the NGOs Accredited by the Convention for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage of UNESCO pada 6-12 Juni 2015. Difasilitasi oleh Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya, SENA WANGI diwakili oleh Ketua Umum Dewan Pengurusnya yaitu Drs. Suparmin Sunjoyo tidak hanya sekedar menghadiri konferensi namun juga didaulat menjadi salah satu pembicara.

Konferensi diselenggarakan baik secara pleno maupun format working group. Ketua umum SENA WANGI memaparkan kegiatan-kegiatan SENA WANGI mulai dari awal diberdirikannya hingga peran sertanya dalam memajukan pewayangan Indonesia. Apresiasi yang tinggi diberikan kepada tuan rumah acara, Santa Susanna, Barcelona, Spanyol yang telah menyelenggarakan konferensi yang sangat besar manfaatnya untuk bertukar informasi dan pengalaman juga membuk apeluang kerjasama yang berguna bagi semua pihak.

Aadpun keputusan konferensi antara lain: (1) NGOs melakukan pendekatan yang lebih luwes terhadap pemerintah masing-masing sehingga kedua pihak saling mendapatkan manfaatnya; (2)Memantapkan kedudukan perwakilan NGOs di Paris yang telah diakreditasi UNESCO sebagai International Forum of NGOs dengan menetapkan susunan personalianya dalam waktu dekat/menjelang Namibia Intergovernmental Meeting tanggal 30 November – 4 Desember 2015; (3)Akan ditetapkan susunan Directive Committee yang bertugas mengoordinasi kegiatan-kegiatan Internasional Forum of NGOs.