Uji Coba Kuesioner Kegiatan Inventarisasi Kesenian Indonesia

0
1244

BANDUNG – Dalam rangka pelaksanaan Uji Coba Kuesioner  Kegiatan Inventarisasi Kesenian Indonesia, Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melaksanakan Pelatihan Pencacah pada tanggal 6 April tahun 2017, di Bandung.

 

Acara tersebut melibatkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, Alumni Mahasiswa Institut Seni Budaya Indonesia, Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Pamong Budaya, dan Komunitas Budaya di Bandung.

Pada kesempatan tersebut Direktur Kesenian, Dr. Restu Gunawan, M.Hum. memberikan arahan  sekaligus membuka acara .

Sasaran akhir dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan basis data (by name by address) mengenai SDM Kebudayaan Bidang Kesenian, lengkap dengan muatan kompetensi seni yang dimilikinya. Dengan demikian dapat dipetakan ketersediaan dan kompetensi SDM Kebudayaan Bidang Kesenian di seluruh wilayah Indonesia. Ketersediaan data dari sisi kuantitas dan kompetensi SDM Kebudayaan Bidang Kesenian per wilayah, merupakan komponen dasar utama bagi perencanaan, evaluasi dan pengambilan kebijakan yang terkait dengan pelestarian kesenian Indonesia.

Gambar I: Suasana Pencacah dalam Memahami Isi Kuesioner
Gambar II: Susana Paparan oleh Narasumber (STIS)