Studi Banding Museum Pendidikan Indonesia ke Sangiran

0
858

Rabu 4 Oktober 3017, Sejumlah staf dari Museum Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta berkunjung ke BPSMP Sangiran dengan tujuan untuk melakukan studi banding. Kegiatan studi banding ini merupakan bagian dari usaha menimba ilmu pihak Museum Pendidikan Indonesia yang baru saja berdiri di Museum Manusia Purba Sangiran.

Dalam sambutannya, Iwan Setiawan Bimas, S.S. selaku Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran menyambut dengan baik kunjungan ini. “Kami sangat senang dengan kunjungan ini, bisa berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola museum serta bertukar pendapat”, ungkap Iwan.

Salah seorang rombongan dari Museum Pendidikan Indonesia mengatakan bahwa, “Kunjungan ini merupakan kunjungan yang sudah terencana beberapa waktu sebelumnya, kami datang kemari untuk menimba ilmu dalam mengelola museum seperti tentang display, tata pamer, publikasi, konservasi dan berbagai hal yang berkaitan dengan pengelolaan museum. Kami ingin mengetahui banyak hal tentang pengelolaan museum yang sedang kami pelajari dari berbagai sumber. Kedatangan kami disini sejumlah 18 orang, dari staf museum dan juga komunitas pecinta museum”.

Pengelolaan museum merupakan suatu tugas berat dan berbagi pengetahuan ttg hal itu menjadi bagian tak terpisahkan dalam mengembangkan museum yang bermanfaat bagi publik. (Wiwit Hermanto)