SESUATU YANG BARU BAGI GREAT

0
1043

GREAT (Gerakan Kerelawanan Internasional) dalam Short Term Volunteer Project Sangiran Early Man Site Workcamp di Sangiran sudah berlangsung beberapa hari. Pada hari jumat 12 Agustus 2016, kegiatan berlangsung dilaboratorium dengan mencoba melakukan kegiatan konservasi pada sebuah fosil gading gajah.

Para peserta di ajak langsung untuk mencoba melakukan kegiatan konservasi dengan melakukan pembersihan manual kemudian dilanjut dengan pembersihan dengan bahan kimia. Fosil gading gajah yang terpotong-potong dicoba di sambung dengan angkur yang dikuatkan dengan bahan perekat.

sesuatu yang baru bagi great (2)

Setelah melakukan kegiatan di laboratorium, peserta diajak mencoba melakukan pembersihan kotak ekskavasi di Museum Lapangan Manyarejo. Disini peserta dapat melihat langsung kotak ekskavasi sekaligus belajar melakukan pembersihan. Proses ini dipandu oleh petugas dari BPSMP Sangiran sehingga materi pembelajaran dapat disampaikan dengan arahan petugas sekaligus dipraktekkan.

sesuatu yang baru bagi great (1)

Kegiatan ini merupakan sesuatu yang baru bagi peserta dan hanya didapat saat berada di Bumi Sangiran. Suatu pembelajaran langsung dari petugas yang berkompeten dan langsung belajar di lapangan. (Wiwit Hermanto)