Penyelamatan Temuan Fosil In Situ di Ngebung,Kalijambe

0
231

Pada hari Senin tanggal 31 juli 2023 ditemukan fosil binatang purba di wilayah Ngebung , Desa Ngebung, Kecamatan Kalijambe dengan titik koordinat -7.442135, 110.838105 dan elevasi 175,57 mdpl. Fosil ditemukan oleh Bapak Rudi Hartono saat Pengalian Pondasi Rumah kemudian melaporkan temuan fosil binatang purba tersebut kepada Tony Wahyu Arianto petugas keamanan Museum Ngebung kemudian Tony Wahyu Arianto menginformasikan kepada petugas penyelamatan temuan insitu. Pada tanggal 01 Agustus  2023 tim dari MCB sangiran bergerak ke lokasi penemuan. Mengingat dan mempertimbangkan keselamatan dan keamanan ODCB tersebut dilokasi temuan, dan koordinasi dengan pimpinan, pada waktu itu langsung dilakukan upaya penyelamatan ODCB. Upaya penyelamatan berhasil dilakukan dan ODCB bisa diangkat dan dibawa ke Museum Ngebung  untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Posisi ODCB berada pada sebuah pekarangan rumah warga, dimana pekarangan tersebuat mau di bikin pondasi rumah.

Fosil ditemukan dalam kondisi fragmentaris karena fosil ini ditemukan pada saat proses penggalian pondasi rumah , Sebagian fosil kondisinya kuat dan sebagian lain kondisinya rapuh.

Di karenakan temuan dalam kondisi yang rapuh yang sangat rentan akan remuk apabila diangkat tanpa adanya lapisan pelindung, maka kami memutuskan untuk memberikan larutan polyurethane terhadap temuan fosil tersebut.