Pengetahuan Tentang Sangiran Tampil di Pendapi Gedhe Balai Kota Surakarta

0
242

Untuk memeriahkan kegiatan peringatan Hardiknas yang dipusatkan di Pendhapi Gedhe Balaikota Surakarta, BPSMP Sangiran sebagai salah satu peserta menampilkan pemutaran Bioskop Keliling (Bioling). Pada hari Selasa, 24 April 2018. BPSMP Sangiran tampil dengan memutar bioling dengan membawa pengetahuan tentang Sangiran.
Melalui film, ditampilkan pengetahuan itu yang bercerita berbagai hal tentang Sangiran seperti kisah masa lalu kehidupan manusia purba dan hewan serta lingkungannya. Kehidupan Sangiran di masa kini ditampilkan melalui film yang bercerita tentang upaya pelestarian Situs Sangiran. Kehidupan masyarakat yang berada di tengah Situs Sangiran dan juga masih banyak ditemukan berbagai fosil yang perlu diselamatkan. Peran masyarakat diungkapkan dalam film yang ditayangkan. Sebuah upaya pelestarian Situs Sangiran perlu peran serta masyarakat.


Selain film-film tersebut, ditayangkan juga film yang mengangkat tentang sebuah mitos terkenal di Sangiran. Mitos Balung Buto, yang merupakan kata Bahasa Jawa, yang artinya Tulang Raksasa. Mitos yang sejak sebelum peneliti asing hadir di Situs Sangiran yang kemudian tergerus oleh waktu.
Melalui film, masyarakat diajak mengenal Sangiran yang kemudian diharap dapat memahami dan mencintai. Sebuah sisipan melalui film berisi pengetahuan bagi penonton untuk dapat “berkenalan” dengan Sangiran. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR